TREN FURNITUR 2013

by -2 views

HOMEGARDEN HLTiap memasuki pengujung tahun, hal yang sering dibicarakan adalah tren untuk satu tahun ke depan. Bukan hanya warna dan arsitektur yang memiliki tren, furnitur pun mengalami hal serupa.

Pada dasarnya,tren adalah kecenderungan untuk memprediksi arah gerak pasar di masa depan.Namun,tren juga dipengaruhi oleh banyak hal,seperti perkembangan teknologi, era globalisasi,ketersediaan bahan baku,pergeseran selera, dan budaya.Termasuk di dalamnya tren furnitur yang terus mengalami perubahan. Desainer interior Susan Octari Yawhan mencoba memprediksi apa yang akan menjadi tren furnitur pada 2013. Saat ini pengaruh zaman semakin berkembang pesat.

Kebiasaan dan gaya hidup masyarakat sekarang pun ikut berubah,termasuk gaya furnitur yang berkembang. ”Pengaruh desain interior dan furnitur bergaya Amerika kelihatannya akan banyak diadopsi untuk menjadi tren interior tahun depan,”kata dia. Gaya global, fleksibel, simpel, tetapi tidak membosankan merupakan kunci penting untuk menggambarkan tren furnitur pada 2013.

Masyarakat Indonesia yang menyukai suasana hunian yang simpel namun tetap berkesan nyaman,hangat,dan memiliki banyak sentuhan pribadi pemiliknya, pasti menggemari tema American style yang mempunyai desain lebih simpel dibandingkan gaya klasik Eropa. ”Ini yang menjadi nilai tambah.Karena gaya ini mudah diaplikasikan untuk hunian, mulai rumah yang mewah dan besar sampai apartemen mungil,”ucap Susan.

Furnitur bergaya Amerika selalu didominasi oleh perpaduan dua material utama,yaitu fabric dan kayu,dengan beberapa tambahan material lain seperti batu alam,logam, dan marmer. Sementara untuk warna,lebih sering menggunakan warna pucat seperti hijau pucat,biru pucat,krem lembut,dan putih. ”Warna kuat bisa diaplikasikan sebagai aksen sekaligus penyeimbang agar suasana ruangan tidak terlalu ringan,” ungkap Susan.

Karena bentuknya yang simpel tapi tetap kaya motif dan detail,furnitur bergaya Amerika akan tetap elok dipandang mata.Ditambah lagi bila sang penghuni rumah senang menerapkan beberapa aksesori sebagai pendamping furnitur.Pastilah itu akan menjadi lebih menarik. ”Furnitur bergaya Amerika bisa diaplikasikan menggunakan motif klasik ringan dan dipadukan dengan finishing furnitur kayu yang berupa cat warna putih doff. Kita juga boleh menggunakan kembali furnitur lama yang kondisinya masih baik,”kata Susan.

Sofa berwarna putih yang dilengkapi bantal dekoratif dengan warna senada dapat Anda gunakan untuk mengisi ruang keluarga.Sementara untuk area ruang tamu,furnitur bergaya Amerika bisa dipercantik dengan permainan warna abu-abu dan putih pada sofa maupun tirainya. ”Menerapkan lampu hias yang ditempatkan di atas meja konsol pun merupakan salah satu strategi menciptakan dekorasi American style di dalam rumah,”pungkas Susan. aprilia s andyna

Sumber : seputar-indonesia.com