Cecep, Keliling dengan Motor 70 Gencarkan Budaya Baca

by -5 views
USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"
USEP USMAN NASRULLOH/”PRLM”

Seorang mahasiswa STMIK Darma Nagara, Cecep Jaelani (22), menggencarkan budaya baca di kalangan masyarakat dengan cara yang unik dan menarik. Cecep menggunakan sepeda motor tahun 1970 untuk operasional kegiatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ciwidey Membaca (C-Books).

“TBM C-Books baru berjalan tahun 2013, namun kegiatan perpustakaan sudah berjalan sejak tahun 2009,” kata Cecep di TBM C-Books, Kamis (30/5).

Menurut Cecep, keliling dengan sepeda motor tua keluaran tahun 1970 sejak tahun 2009. “Awalnya saya membawa media pembelajaran Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) untuk para remaja dengan membawa leaflet, komputer besar (PC) sebab belum punya laptop, dan proyektor,” katanya.

Biasanya Cecep memutar film maupun presentasi soal kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba dan lain-lain. “Saya keliling ke desa-desa di Kec.Ciwidey, Pasirjambu, dan Rancabali. Dengan membawa bekal cukup berat melewati jalan-jalan rusak dan naik turun sebab medannya perbukitan,” katanya.

Cecep mengaku sering mengalami masalah di tengah jalan seperti sepeda motor mogok. “Namun saya berangkat dengan seorang teman yang juga menggunakan sepeda motor. Tak ada anggaran dari pemerintah, namun panggilan hati untuk menyadarkan para remaja,” katanya yang merasa puas apabila bermanfaat bagi orang lain.(A-71/A-107)***

sumber+foto:pikiran-rakyat.com