Dana Bergulir Bagi PKL Rp 120 Miliar

by -2 views

pkl-jibiphoto3Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), Kemas Danial, menegaskan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang selama ini dialami para pelaku UMKM dan koperasi. Di antaranya memberikan fasilitas pendanaan.

Hingga April 2013, kata Kemas, pihaknya menyalurkan dana bergulir bernilai total sekitar Rp 3,9 triliun. Angka itu peruntukannya bagi pembiayaan sekitar 600 koperasi di seluruh nusantara. “Khusus di Jabar, tahun ini kami mencanangkan senilai Rp 350 miliar. Tahun lalu, pembiayaan di Jabar nilainya mencapai Rp 250 miliar,” pada sela-sela Grand Launching Bandung Timur Plaza (BTP), Rabu (29/5).

Selain KUMKM, pihaknya pun menyalurkan dana pembiayaan bagi para pedagang kaki lima (PKL). Pembiayaan itu untuk membiayai pembelian toko atau kios di BTP. “Nilainya sekitar Rp 120 miliar. Ini menjadi pilot project di Indonesia. Suku bunganya, sangat ringan, yaitu 6 persen per tahun selama 8 tahun, yang bersifat turun,” lanjutnya. (*)

Penulis : win
Editor : dar
sumber:tribunnews.com