Timwas Century Curiga Ada Aliran Bailout ke Ancora Land

by -5 views

104745_bambang-soesatyo_663_382Tim Pengawas Kasus Century DPR memanggil penyidik dari Kejaksaan Agung dan Mabes Polri, Rabu 3 April 2013. Pemanggilan ini, terkait masalah akuisisi PT GNU (Graha Nusa Utama) dan PT NUS (Nusa Utama Sentosa) yang dilakukan oleh PT Ancora Land.

“Hari ini kita bahas soal pencucian uang PT. GNU yang melibatkan Ancora kita fokus kepada mengapa PT. GNU masuk kategori pencucian uang,” kata Anggota Timwas Century Bambang Soesatyo di Gedung DPR, Rabu 3 April 2013.
Selain itu, kata Bambang, timwas juga akan menyoroti masalah modal yang dimiliki oleh PT. Ancora untuk mengakuisisi PT. PT GNU dan PT NUS.
Rapat ini, rencananya dilakukan pada pukul 10.00 WIB. Meski mengundang penyidik, kata Bambang, rapat ini akan dilakukan secara terbuka.
PT GNI dan NUS diketahui membeli tanah Yayasan Fatmawati yang merupakan lapangan golf seluas 22 hektare. Aset tersebut ternyata berasal dari penggelapan dana nasabah PT Antaboga Delta Securitas di Bank Century.
Sementara Ancora sendiri diketahui sahamnya dimiliki oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Gita Wirjawan sudah membantah tudingan itu. Kata dia, dulu iya, sekarang sudah tidak.
“Terkait pemberitaan Ancora Land saya tidak ada kepemiliksan secara langsung ataupun tidak langsung,” kata Gita saat rapat dengan tim pengawas Century, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 20 Maret 2013.

Menurut Gita, dulu dia memang pernah menjadi bos PT Ancora, namun setelah menjabat menteri di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II dia mengaku telah mendelegasikan kepemilikan sahamnya dan masalah manajerial kepada orang lain. (eh)

Sumber + Foto : viva.co.id