Curug Tonjong Resmi Jadi Objek Wisata Unggulan Kota Tasikmalaya

by -18 views

curug_TonjongPemerintah Kota Tasikmalaya meresmikan Curug Tonjong di Kampung Cipeusing, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari sebagai salah satu objek wisata unggulan Kota Tasikmalaya. Hal itu terwujud setelah beberapa tahun kawasan tersebut ditata dengan anggaran dari pemerintah pusat melalui dana penataan lingkungan pemukiman berbasis komunitas tahun 2011.

Peresmian dilakukan oleh Wakil Walikota Dede Sudrajat, Selasa (15/1). Dalam sambutannya, ia mengatakan dipilihnya Curug Tonjong sebagai salah satu objek wisata yaitu untuk mendongkrak ekonomi masyarakat khususnya Kecamatan Tamansari yang masih tertinggal dibanding kecamatan yang lain.

Dengan penataan curug diharapkan bisa dijadikan sebagai tujuan pariwisata bagi masyarakat Tamansari, masyarakat Kota Tasikmalaya, hingga masyarakat dari luar Kota Tasikmalaya.

“Kelurahan Setiawargi selain dianugerahi keindahan alam dengan adanya Curug Tonjong, mempunyai kekayaan alam yaitu potensi di bidang agribinis. Masyarakatnya banyak yang menanam kacang tanah, jagung, singkong, dan palawija yang lain. Dengan hadirnya tempat wisata curug ini bisa dimanfaatkan warga untuk menjajakan makanan olahan hasil olahan masyarakat dari pertanian,” katanya.

Dede mengharapkan agar warga bersama pemerintah menciptakan sapta pesona pariwisata. Selain itu menindak tegas siapapun yang menjadikan Curug Tonjong sebagai tempat untuk berbuat negatif.
sumber: pikiran-rakyat.com