Tahan Imbang Persiram, Persib Petik Satu Poin

by -4 views

persibPersib Bandung menahan imbang Persiram Raja Ampat, 2-2, pada lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia 2012/2013, di Stadion Wombik, Sorong, Kamis (31/1/13). Dengan hasil itu, Persib memetik satu poin.

Sejak menit pertama, Persiram langsung menekan melalui poros tengah yang digalang James Koko Lomell. Sementara, Persib menggalang serangan dari lebar lapangan. Pertandingan memasuki menit ke-10, Kenji Adachihara membawa Persib unggul, 1-0. Tendangan kaki kiri penyerang asal Jepang itu meluncur mulus ke sisi kanan gawang Persiram yang dijaga Jendri Pitoy.

Tertinggal, Persiram mulai bermain keras. Terbukti, pada menit ke-13, kapten Dewa Laut, Kubay Qudian diganjar kartu kuning setelah melanggar Atep di sisi kiri pertahanannya. Menit ke-20, Persiram mendapat peluang matang. Tendangan jarak jauh Gidion Victor Way melenceng tipis dari tiang gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Menit ke-30 gelandang serang Maung Bandung, Firman Utina diganjar kartu kuning setelah melanggar Steven Imbiri. Pertandingan berjalan dengan tempo sedang dan tensi yang cukup tinggi.

Enam menit kemudian, Pelatih Persiram, Jaya Hartono melakukan perubahan strategi. Mantan pelatih Persib itu memasukan penyerang Moses Banggo untuk mengganti pemain tengah Steven Imbiri. Dengan demikian, pasukan Dewa Laut memasang tiga striker sekaligus.

Perubahan strategi Jaya hampir saja membuahkan hasil. Berawal dari tendangan sudut, pada menit ke-40 sundulan penyerang anyar Persiram, Daryoush Ayyoubi masih melambung di atas mistar. Setelah tertinggal, 0-1, Kubay Qudian dkk terus melakukan serangan. Namun lini pertahanan Maung Bandung yang dikomandoi Naser Al Sebai masih terlalu sulit ditembus. Babak pertama usai, Persib unggul, 1-0.

Babak kedua berjalan satu menit, Daryoush langasung mengancam gawang Persib. Lagi-lagi, sundulan pemain asal Iran itu hanya melenceng tipis dari tiang gawang. Bola liar yang bergulir di dalam kotak penalti Persiram hampir saja menjadi malapetaka bagi Dewa Laut. Sontekan Naser Al Sebai masih terlalu lemah sehingga dengan mudah ditangkap Jendri. Jual beli serangan terus diperlihatkan kedua tim. Tempo pertandingan semakin bejalan panas.

Memasuki menit ke-60, Pelatih Djadjang Nurdjaman mulai merespons permainan ngotot yang ditunjukan pasukan Dewa Laut. Atep yang sering beroperasi di sayap kiri Maung Bandung diganti gelandang serba bisa Mbida Messi.

Rotasi pemain yang dilakukan Djadjang langsung berbuah hasil satu menit kemudian. Berawal dari umpan terobosan Firman Utina, tendangan keras kaki kiri Herman Dzumafo terlalu deras untuk dihadang Jendri Pitoy. Alhasil, jala gawang Persiram koyak untuk kali kedua. 2-0 untuk Pangeran Biru.

Menit ke-69 Persiram berhasil memperkecil ketinggalan. Tendangan sudut pemain tengah Errol diteruskan sundulan Kubay Qudian. Bola yang mengarah ke sisi kanan gawang tidak mampu diantisipasi kiper Persib, I Made Wirawan. Maung Bandung masih memimpin dengan skor 2-1.

Pertandingan yang dipimpin wasit asal Samarinda, Husni, semakin memanas. Beberapa keputusan kontroversial mewarnai pertarungan yang ditonton sekitar 1000 orang itu. Akhirnya, skor kembali berubah pada menit ke-79. Sontekan kaki kanan James Koko Lomell berhasil membobol gawang Persib dan membuat skor menjadi imbang, 2-2. Terus saling menyerang skor tidak berubah hingga akhir pertandingan.(A-200/A-147)***

Sumber : pikiran-rakyat