Van Dijk: Mau Dijawab Bahasa Inggris atau Indonesia?

by -431 views

194913_sergio-van-dijk-rayakan-gol-ke-gawang-persija_300_225Ada kejadian menarik ketika Sergio van Dijk tiba di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat siang, 15 Maret 2013. Pemain naturalisasi berdarah Sunda itu ternyata sudah lancar berbahasa Indonesia meski belum lama berstatus WNI.

Van Dijk tiba di Hotel Sultan, sekitar pukul 12.00 WIB. Kedatangan pemain Persib Bandung itu untuk memenuhi panggilan Badan Tim Nasional (BTN) mengikuti pemusatan latihan jelang duel melawan Arab Saudi pada penyisihan Grup C Pra Piala Asia 2015. Duel ini akan digelar di Stadion GBK, Senayan, 23 Marer 2013.

Kehadiran Van Dijk pun menarik perhatian wartawan yang ada di Hotel Sultan. Sebagian mulai melontarkan pertanyaan dengan menggunakan bahasa Inggris. Namun tanpa diduga,  Van Dijk justru membalasnnya dengan bahasa Indonesia. “Mau dijawab dengan Inggris atau Indonesia?” katanya balik bertanya.

Pemain berusia 29 tahun itu lalu menjelaskan kalau dirinya memang sering berbicara Indonesia saat masih di Belanda.”Ibu saya asli Indonesia, begitu juga kakek nenek saya. Mereka semua berbicara dengan bahasa Indonesia di Belanda. Walaupun campur-campur,” jelas Van Dijk.

“Saat sekarang tinggal di Indonesia dan main di Persib, hal itu ternyata sangat berguna. Saya jadi tidak ada masalah komunikasi,” sambungnya.

Van Dijk merupakan satu dari sederet pemain naturalisasi yang saat ini sedang mengikuti TC di Jakarta. Mantan pemain Adelaide United saat ini membela Persib Bandung dan sudah mengoleksi enam gol. Kehadiran Van Dijk diharapkan mampu menambah daya gedor timnas saat berhadapan dengan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2013.

Sumber + Foto : vivanews

About Author: Tubagus Iwan Sudrajat

Gravatar Image
Tubagus Iwan Sudrajat ialah seorang penulis artikel di Bandung, Jawa Barat. Dia juga penulis artikel di beberapa blog dan media online.