Konflik Myanmar – Kelompok Muslim Desak Presiden Bertindak

by -8 views

96904Kelompok muslim Myanmar mendesak Presiden Thein Sein segera mengambil langkah cepat untuk meredam konflik agama yang terjadi di sana.

Presiden Dewan Urusan Agama Islam Nyunt Maung Shein mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat permohonan ke kantor kepresidenan pada Selasa (26/3) agar presiden segera menghentikan konflik tersebut. Namun, hingga kemarin belum ada surat balasannya. ”Serangan kekerasan yang terjadi di sini termasuk dalam kejahatan seperti pembakaran dan pembunuhan massal yang harus mendapatkan hukuman berat,” ungkap pernyataan empat kelompok, termasuk Dewan Urusan Agama Islam dan Organisasi Urusan Muslim Nasional Myanmar melalui surat terbuka ke Presiden Thein Sein.

”Bagaimanapun, dalam situasi ini, pemerintah mengabaikan langkah cepat dan efektif melawan pelaku kejahatan yang melakukan kejahatan secara gegabah di depan mereka,” tambahnya, dikutip AFP. ”Pembunuhan massal dan penghancuran gedung dan bangunan keagamaan disebabkan lemahnya tanggung jawab otoritas untuk melindungi dan mengambil langkah yang efektif,” terangnya.

Sedikitnya 40 orang dibunuh dan masjid dibakar di beberapa kota di pusat Myanmar sejak perseteruan sekte meletus pada 20 Maret lalu. Insiden ini akhirnya mendorong pemerintah membuat kebijakan darurat dan jam malam di beberapa daerah. Perselisihan ini diduga dipicu pertengkaran di sebuah toko emas yang akhirnya berubah menjadi perkelahian hebat yang mengakibatkan pembakaran masjid,

penghancuran rumah, dan banyak tubuh-tubuh tak bernyawa ditinggalkan di jalanan. Namun, saksi mata mengatakan, kebanyakan kasus kekerasan dilakukan secara terorganisasi. Tak ayal, pasukan keamanan harus mengeluarkan tembakan peringatan un-tuk membubarkan perusuh dan puluhan orang pun ditahan. susi susanti

Sumber : koran-sindo.com