Kab. Pangandaran Akan Memiliki Pelabuhan Umum

by -10 views
ILHAM PRATAMA/"PRLM"
ILHAM PRATAMA/”PRLM”

Dalam waktu dekat, Kabupaten Pangandaran akan memiliki pelabuhan umum di Bojongsalawe, Kecamatan Parigi. Nantinya, lahan dari pelabuhan itu seluas 3,3 hektare.

“Sebetulnya kita membutuhkan lahan seluas 30 hektare untuk membuat pelabuhan umum. Namun, lahan yang ada saat ini adalah 10 hektare. Jadi, 3,3 hektare akan dibuat pelabuhan, sisanya dari 10 hektare untuk sarana penunjangnya,” jelas Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Pangandaran, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan, Mastur, Kamis (30/5/2013).

Dikatakan Mastur, Pelabuhan Bojongsalawe nantinya akan menjadi pelabuhan umum. Yaitu dapat digunakan perahu nelayan, pesiar, penumpang, hingga perahu kargo.

Pihaknya pun kini sudah melakukan survey. Dari hasil pemeriksaan itu, kondisi dari lokasi Bojongsalawe memang memunginkan. “Lokasinya bagus, dan memungkinkan. Bahkan kapal besar pun dapat berlabuh di sana,” ujarnya.

Diungkapkan dia, kini dengan belum adanya pelabuhan, menjadikan perairan menjadi semerawut. Diharapkan, nantinya dengan adanya pelabuhan perairan dapat tertata rapih.

Dermaga tersebut akan memiliki panjang 75 meter. Kemudian jembatan menuju dermaga sepanjang 400 meter. Untuk pelaksanaan pembangunannya sendiri akan tiga tahap.

“Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran pun sudah membicarakan rencana pembagunan itu dengan Kementrian Perhubungan,” ucapnya. (A-195/A-107)***

sumber+foto:pikiran-rakyat.com