Kerugian Akibat Longsor Cigintung Puluhan Milyar

by -7 views
ilustrasi
ilustrasi

Nilai kerugian inprastuktur akibat bencana alam di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma diperkirakan mencapai puluhan milyar. Jumlah tesrebut diperkirakan masih akan terus bertambah karena pergerakan tanah masih terus terjadi.

Untuk memperbaiki sejumlah inprastuktur yang kini rusak Pemerintah Kabupaten Majalengka berencana melakukan penganggaran sementara mencapai sekitar Rp 50 milyar. Itu baru meliputi pembangunan tiga buah jembatan, pembangunan jalan baru serta sejulah inprastuktur lainnya.

Menurut keterangan Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka Agus Tamim, kerusakan inprastutur yang harus segera diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka selain pemukiman warga, juga adalah ruas jalan antar desa menuju Cimuncang dan ibu kota Kecamatan Malausma.

Berdasarkan hasil pendataan hingga Senin (6/5) kerusakan ruas jalan akibat pergerakan tanah mencapai 5 km. Itu terdiri dari ruas jalan Cigingtung-Cimuncang sepanjang 1 km, serta Ciranca-Lebakwangi-Cimuncang yang kondisi jalanya cukup parah. Sedianya ruas jalan tersebut pada tahun ini akan diperbaiki namun saat ini kondisi jalan dan tanah di setiap pinggir kiri dan kanan jalan terjadi pergerakan hingga kondisinya bergelombang dan sebagain anjlok.

Tiga buah jembatan di ruas jalan tersrebut juga rusak parah salah satu diantaranya nyaris putus dan sudah tidak diperbolehkan lagi untuk dilintasi kendaraan roda empat, karena dikhawatirkan akan mengakibatkan kecelakaan lalulintas. Malah sejak dua mingu lalu pihak BMCK menurut Agus sudah menutup ruas jalan tersebut agar tidak dilintasi kendaraan.(C-28/A-26).***

sumber:pikiran-rakyat.com