Duel Klasik Persib – Persija Dipastikan Tanpa Penonton

by -25 views

persija-vs-persib-_120527184310-142Duel klasik antara Persija Jakarta dan Persib Bandung yang akan berlangsung Sabtu (22/6/2013) lusa di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta dipastikan tanpa penonton. Kepastian itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/6/2013).

“Tanpa suporter,” tegasnya.

Hal ini menurut dia, berlaku untuk suporter kedua tim. Keluarnya larangan ini, melihat dari evaluasi kondisi kedua suporter yang kerap kali bentrok dan berujung pada jatuhnya korban jiwa. Terlebih lagi, situasi Jakarta yang dinilainya saat ini sedang kurang kondusif menjelang kenaikan harga BBM.

Dirinya menilai pertemuan antarkedua tim dengan ditonton suporter masing-masing dalam kondisi Jakarta saat ini kurang tepat. Karena fokus perhatian pihak kepolisan yang terbagi dalam beberapa hal pada akhir pekan ini.

“Tanpa kehadiran suporter pun kedunya seringkali bentrok di lapangan. Terlebih lagi kini fokus penjagaan terbagi dengan meningkatnya intensitas demonstrasi akibat rencana kenaikan BBM, belum lagi tenaga terbagi juga untuk malam HUT Jakarta yang pasti padat,” ungkapnya.

Tahun lalu, pertemuan antar kedua tim di Jakarta pun mengakibatkan bentrok antar suporter. Padahal ketika itu sudah ada himbauan untuk suporter Persib Bandung untuk tidak datang ke stadion dengan menggunakan atribut.

Sayangnya, pihak PT Liga Indonesia selaku operator liga mengaku belum menerima keterangan tersebut. Menurut Direktur IT & Media PT Liga Azwan Karim, pihak Liga hingga Kamis belum menerima terusan surat izin keramaian dari pihak kepolisian kepada panitia penyelenggara pertandingan Persija.

Sebelumnya, pada pagi hari jelang siang pihak manajemen klub Persija selaku panitia penyelenggara pertandingan Persija melalui akun twitternya @Persija_Jkt, telah terlebih dahulu mengumumkan bahwa pihak kepolisian tidak memberikan izin keramaian untuk pertandingan Sabtu nanti.

Menurut informasi yang diperoleh “PRLM” kendati tanpa penonton, tapi pihak kepolisian Polda Metro Jaya tetap menyiagakan 1.200 personelnya di sekitar GBK dan di setiap titik daerah yang dilalui bus Persib. Pihak Polda juga melarang suporter Persija untuk berkeliaran dalam radius 2 km dari SUGBK.

Ketua suporter Persija “Jak Mania” Laricho Ranggamone menghimbau kepada para anggotanya untuk berlaku tertib, dan tidak melempari bus Persib saat memasuki Jakarta maupun saat menuju SUGBK.

Pasalnya pihak Persib meminta untuk datang dengan menggunakan bus saat menuju stadion dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan bukan dengan kendaraan rantis. (A-161/A_88)***

sumber:pikiran-rakyat.com