Harga Daging Sapi Indonesia Tertinggi Sedunia

by -5 views

ciri-dagingsapi-gelonggonganHarga daging sapi nasional terus bertahan di kisaran Rp 90.000/kg sebagai harga tertinggi sedunia selama sembilan bulan. Harga itu mengalahkan harga daging sapi Australia yang hanya Rp 20.000/kg.

“Banyak yang berwacana akan menurunkan harga sapi, tetapi sampai saat ini harga masih tinggi,” ujar Direktur Utama BUMN PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Ismet Hasan Putro, dalam diskusi “Urgensi Membangun Ketahanan Pangan Nasional” saat Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi se-Indonesia di Bali Nusa Dua Convention Center, Jumat (14/6/2013).

Ismet mengatakan sebagai salah satu BUMN penyangga ketahanan pangan komoditas daging sapi dan gula, RNI berupaya meningkatkan produksi daging sapi.

Menyinggung produksi gula, Ismet mengatakan peningkatan produksi gula terkendala banyak hal. “Kendalanya yaitu sulitnya perluasan lahan tebu, kendala tata ruang, regulasi lahan, dan korupsi birokrat,” kata dia.

Menurut dia, korupsi membuat perusahaan sulit mengembangkan lahan tebu karena aturan di setiap daerah berbeda-beda. Alhasil, transaksi yang dilakukan tidak mudah.

“Kami pernah dijanjikan oleh Gubernur Kalimantan Timur lahan 100.000 hektar dan itu sudah diekspos ke mana-mana. Namun, yang terealisasi hanya 10 hektar. Ternyata di sana lahan sudah tumpang tindih. Sudah ada yang digunakan untuk kelapa sawit, dll.,” ujar dia. (A-167/A-147)***

sumber:pikiran-rakyat.com