Sate, Tak Sekedar Potongan Daging Bakar

by -4 views

sateAroma sate yang sedang dibakar mampu membuat banyak orang terpikat. Karenanya sate termasuk satu dari 40 makanan yang populer versi CNNgo. Potongan daging yang dibakar ini ternyata punya beragam racikan dan rasa.

Sate apa favorit Anda? Ayam, kambing, sapi, kelinci atau ikan? Hampir semua bahan enak dibuat sate. Daya pikat sate terletak pada aromanya yang wangi saat dibakar. Selain itu sate merupakan jenis kuliner unik asli Indonesia.

Di tiap kota di Jawa Tengah saja ada begitu banyak jenis sate enak. Sate kambing khas Tegal, sate Ponorogo, sate Madura, sate buntel, sate ambal, sate Blora dan lain-lain. Selain bahannya juga bumbunya berbeda di tiap kota.

Tak berlebihan jika disebut bahwa sate makanan khas Jawa. Konon dikenal orang Jawa melalui pedagang Tamil yang punya sate bernama kebab. Pengenalan rasa lokal menjadi keunikan kuliner daerah.

Salam ulasan khusus kali ini kami mengajak Anda mengenal lebih dekat beragam sate nusantara. Termasuk juga sate mancanegara yang tampilannya mirip dengan sate kita. Apa saja keunikan tiap racikan sate, bagaimana cara menyajikan dan menyantapnya?

Kalau tak mau repot bikin sendiri, beragam jenis sate bisa dibeli dari pedagang keliling, warung sate hingga restoran. Ada kenikmatan tersendiri jajan sate yang hangat mengepul sambil sesekali menghirup asap wanginya.

Sate juga menjadi sajian bernutrisi. Enak dimakan dengan lontong, ketupat atau nasi. Berapa prosi yang pantas untuk disantap dalam sekali makan? Nutrisi apa yang kita dapatkan dari seporsi sate. Semuanya akan dijawab dalam ulasan khusus kali ini. Te…Sate!

sumber: detik.com