10 Gelandang Terbaik Dunia yang Menjadi Pusat Perhatian

by -4 views

cristiano-ronaldoDi perhelatan Piala Dunia nanti sudah pasti sejumlah striker akan menjadi pahlawan negaranya, dengan mencetak banyak gol. Namun jangan pula dalam sebuah penciptaan gol ada peran pemain gelandang.
Gelandang atau pemain di lapangan tengah seringkali disebut “koreografernya” pertandingan sepak bola. Mereka inilah yang sesungguhnya mengatur irama dan langkah-langkah permainan timnya, agar selaras dan enak dilihat. Dan yang paling penting memenangkan pertandingan.
Kolumnis dan pengamat sepak bola di London, Inggris, Stewart Coggin, melihat ada 10 gelandang yang digadang-gadang akan menjadi pusat perhatian kalangan sepak bola di dunia.
Inilah ke-sepuluh gelandang terbaik dunia:
1. Cristiano Ronaldo (Portugal & Real Madrid)
Banyak orang menganggap Ronaldo adalah striker, padahal dia sebenarnya adalah gelandang serang dengan posisi di sayap. Namun Ronaldo adalah pesepak bola yang hebat sehingga dia juga bagus bermain di belakang striker, atau bahkan striker. Tidak mengherankan jika dia adalah pesepak bola terbaik dunia tahun 2013.
2. Xavi Hernandez (Spanyol & Barcelona)
Usia Xavi sudah berkepala 3 tapi kehebatannya tidak berkurang. Atribut terbaiknya adalah passing. Kemampuan hebat Xavi lainnya adalah mampu mendikte irama permainan dengan keahliannya menguasai bola. Meski pun dia tak menghasilkan banyak gol atas namanya sendiri, tapi dengan keahliannya menusuk ke kotak penalti, dia membantu terciptanya gol bagi Barcelona dan Spanyol selama 10 tahun terakhir.
3. Andres Iniesta (Spanyol & Barcelona) Iniesta disebut-sebut memilik kemampuan telepati dengan partnernya, Xavi. Iniesta juga yang menjadi penentu kemenangan Spanyol di Piala Dunia 2010. Dia mengulanginya pada Piala Eropa 2012. Kelebihan Iniesta adalah kemampuannya membawa bola, yang menghubungkan lapangan tengah dan lini depan.
4. Cesc Fabregas (Spanyol & Barcelona)
Fabregas adalah jantung Arsenal waktu dia masih bermain di klub London utara itu. Kreativitas dan kemampuan passing-nya membawa Arsenal selalu berada di papan atas Liga Inggris. Maka tak mengherankan Arsenal berat melepaskannya kembali ke Barcelona.
5. David Silva (Spanyol & Manchester City)
Saat pertma kali tiba di Inggris, banyak orang meremehkan David Silva. Namun hari ini dia disebut-sebut sebagai salah satu kesuksesan Manchester City di muism ini. Dia mendapat julukan “dokter bedah” karena kemampuannya mengiris masuk lini pertahan dengan umpan terobosan dan kelincahannya menggiring bola.
6. Luka Modric (Kroasia & Real Madrid)
Saat masih berseragam Tottenham Hotspur, Modric memberi inspirasi lapangan tengah Spurs dan mengatur irama permainan. Gaya permainan dan perannya disamakan dengan Xavi. Tak mengherankan jika Real Madrid harus membayar 50 juta dolar AS untuk memboyngnya pada 2012.
7. Yaya Toure (Pantai Gading & Manchester City)
Pemain Manchester City, Samir Nasri, baru-baru ini mengatakan, “Yaya Toure adalah gelandang terbaik. Jika dia bukan Afrika, pasti namanya sudah terkenal di mana-mana”. Yaya Toure adalah pemain penting Manchester City saat ini. Dengan badannya yang tinggi besar di seperti tank menggiring bola dengan mantap. Di Inggris dia disamakan dengan Roy Keane dan Patrick Vieira. Musim ini Yaya juga membuktikan di gelandang yang bisa membuat gol juga.
8. Bastian Schweinsteiger (Jerman & Bayern Munich)
Schweinsteiger adalah pemain serba bisa, alias bisa ditempatkan di mana saja. Kemampuanya adalah menentukan irama pertandingan dengan passing-passingnya yang memukau. Dia juga jago melakukan tendangan jauh.
9. Arjen Robben (Belanda & Bayern Munich)
Robben mempunyai kombinasi kecepatan dan teknik bermain yang membuat pemain bek lawan jeri. Jumlah gol yang dibuatnya musim ini dan musim lalu adalah buktinya.
10. Mesut Ozil (Jerman & Arsenal)
Mesut Oezil bisa dibilang pemain yang penting bagi Arsenal. Saat dia cedera, posisi Arsenal melorot. Arsene Wenger pun mengatakan Oezil akan menjadi pemain terbaik di musim depan.

tribunnews.com