Minuman Sehat untuk Pagi Hari

by -33 views

81teh-hijauBeberapa hal bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya melalui minuman. Ketahui minuman yang baik dikonsumsi pagi hari untuk tingkatkan kekebalan tubuh.

Dr David Katz dari Yale Prevention Research Center menuturkan minum air putih akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh berjalan lancar. Namun beberapa minuman lain bisa mengandung senyawa yang mampu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk itu mulailah konsumsi minuman yang bisa membuat tubuh sehat dan bebas penyakit di pagi hari, seperti dikutip dari Livestrong:

Teh hijau
Ritual mengonsumsi teh hijau di pagi hari tidak hanya baik untuk jiwa, tapi sudah diketahui berabad-abad sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh dan mencegah serta menyembuhkan berbagai keganasan.

Jurnal tahun 2009 yang dipublikasikan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition mencatat efek menguntungkan ini kemungkinan disebabkan oleh polifenol dan antioksidan yang ditemukan dalam teh.

Baca Juga:  BREAKING NEWS: Hotel di Mekkah Terbakar, 1.000 Jemaah Haji Asal Asia Dievakuasi

Probiotic shake
Minuman probiotik mengandung bakteri menguntungkan seperti Bifidobacterium diketahui mampu meningkatkan jumlah sel-T (sejenis sel darah putih) di dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Jus jeruk
Minuman ini terdengar klasik diminum pagi hari, tapi Sally Barclay, RD dari Iowa State University menuturkan jus ini mengandung banyak vitamin C yang membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu bisa juga dinikmati dalam bentuk minuman smoothie yang dicampur kiwi serta semangka.

Minuman protein
Minuman protein tidak hanya meningkatkan pertumbuhan otot, tapi juga bisa membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini kemungkinan karena minuman protein mengandung glutathione yaitu suatu antioksidan yang dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

Minuman serat
Peneliti dari University of Illinois menemukan konsumsi minuman serat larut secara teratur bisa meningkatkan sel sistem kekebalan tubuh sehingga membantu proses penyembuhan dan memulihkan tubuh sakit lebih cepat.

Baca Juga:  Inflasi Jabar Naik Signifikan

Temulawak
Mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman obat yang biasa dijadikan sebagai bahan jamu. Temulawak memiliki bentuk dan warna yang hampir mirip dengan kunyit. Di beberapa daerah temulawak disebut sebagai koneng gede.

Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid.

Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.

Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.

Nah yang mana yang paling anda sukai diantara minuman sehat tersebut ?

(Bogornews)