Rusia Diduga Kirimkan Tank untuk Pemberontak Ukraina

by -4 views

Pemberontak-Pro-RusiaBRUSSELS, KOMPAS.com – Sejumlah kabar yang menyatakan kelompok separatis pro-Rusia di wilayah timur Ukraina menerima bantuan persenjataan berat dari Rusia termasuk sejumlah tank, akan menciptakan sebuah eskalasi serius.

“Kami mendapatkan laporan bahwa tank-tank Rusia dan kendaraan militer lainnya telah melintasi perbatasan memasuki wilayah timur Ukraina,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen, Jumat (13/6/2014).

“Jika kabar ini terkonfirmasi kebenarannya, maka insiden ini akan menciptakan sebuah eskalasi serius dalam krisis di wilayah timur Ukraina,” tambah Rasmussen.

Rasmussen kemudian mengulangi seruan NATO agar Rusia menyelesaikan penarikan mundur pasukannya dari perbatasan Ukraina dan mencegah mengalirnya senjata dan pasukan ke wilayah timur Ukraina yang dikoyak perang.

Dalam pertempuran terakhir di Ukraina timur, yang sejauh ini sudah menewaskan 270 orang, pasukan pemerintah mengklaim sudah merebut kembali kota pelabuhan Mariupol yang sebelumnya dikuasai pemberontak.
(kompas.com)