Puluhan Ribu Telur Ayam Busuk Ditemukan di Bogor

by -5 views

telorPuluhan ribu telur busuk beredar di sejumlah pasar di Kota Bogor. Hal itu terungkap dalam razia yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Peternakan dan Pertanian ke sejumlah pasar tradisional di Kota Bogor Rabu (16/7/2014) pagi.
Dalam razia di Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor petugas menemukan sedikitnya 10 ribu telur ayam busuk yang sudah direbus dijual dengan harga lebih murah.
“Kami menemukan sebanyak 10 ribu telur ayam busuk atau telor yang gagal menetas dijual, dan langusng kami sita semuanya untuk keamanan konsumen,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Pertanian Kota Bogor dr Wina disela-sela razia.
Dia mengatakan, untuk mengelabui pembeli, telur yang sudah busuk ini direbus sebelum dijual, sehingga aroma bau busuknya tidak tercium.
“Penjual terlebih dahulu merebus telur ayam gagal menetas ini, supaya tidak terlalu tercium bau tidak sedap,” katanya.
Hasil uji laboratorium terhadap telur ayam busuk itu mengandung bakteri yang bisa mengganggu pencernaan manusia dalam jangka panjang.
“Kalau dikonsumsi bisa menyebabkan gangguan pencernaan, diare dan lainnya yang bisa dirasakan dalam jangka waktu panjang, dan itu sangat berbahaya untuk masyarakat jika mengkonsumsinya,” katanya.
Sementara itu, Siti Mariam (36) pedagang telur rebus busuk mengaku dirinya hanya sebatas menjualkan telur tersebut dengan upah Rp 15 ribu perhari.
Dia mengatakan telur yang sudah direbus itu dipasok dari salah seorang pedagang dari Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. “Dalam satu hari saya bisa menjual sampai 3.000 butir. Rata-rata pembelinya pedagang bakso,” katanya.
Siti menjual telur tersebut dengan harga Rp 3.000 untuk satu plastik yang isinya antara 10-15 telur.

(tribunnews)