821 Armada Bus Siap Angkut Pemudik Bogor

by -4 views

BBM bogorDinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor menyiapkan sedikitnya 821 unit armada untuk bisa menampung para pemudik Lebaran 2014 ini. Jumlah ini menurun sebanyak 8% jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 875 unit.

“Ini program tahunan yah dan jumlah armada yang kita siapkan terbilang menurun. Saat ini kita siapkan 821 armada,” kata Kepala DLLAJ Kota Bogor Suharto saat ditemui dalam rapat koordinasi lintas sektoral, Ketupat Lodaya 2014 di Mapolres Bogor Kota, Jawa Barat, Selasa (15/7/2014).

Suharto memprediksi, seluruh armada yang diturunkan itu bisa menampung sedikitnya 250 ribu lebih pemudik yang berasal dari Kota Bogor.

“Perkiraan jumlah daya tampung itu berdasarkan tahun lalu jumlahnya sekitar 250 ribu. Tahun ini kita memprediksikan tidak akan banyak perubahan,” tuturnya.

Selain itu, sambung Suharto, angkutan mudik gratis juga bakal disediakan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Motor mereka bakal diangkut menggunakan kereta dan kapal laut.

Tak berhenti di situ. Tempat istirahat di wilayah Tajur bakal juga bakal disediakan untuk mengantisipasi kelelahan para pemudik. Di dalam rest area tersebut terdapat beberapa fasilitas. Pihak DLLAJ sudah bekerja sama dengan bengkel-bengkel untuk jasa service dan maintenance kendaraan mudik Lebaran.

“Jadi Terminal Wangun yang tadinya untuk relokasi Terminal Baranangsiang akan dijadikan rest area. Jadi ketika ada yang lelah, bisa istirahat di Wangun. Posko untuk rest area diaksanakan dari H-5 sampai H+4,” pungkas Suharto.

(liputan 6)