Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2014: Tommy Sugiarto Sebatang Kara di Semifinal

by -3 views

Sugiarto of Indonesia plays against Hu of Hong Kong during their men's singles match at the Badminton World Championship in CopenhagenRombongan Indonesia di kejuaraan BWF World Championships 2014, Copenhagen hanya menyisakan Tommy Sugiarto di semifinal. Kepastian itu didapatkan setelah wakil terakhir Indonesia di ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto gagal melangkah ke babak empat besar.

Bermain selama 73 menit Praveen/Debby harus mengakui kehebatan pasangan tuan rumah Joachim Fischer Nielson/Christinna Pederson  dengan skor 21-12, 20-22, dan 21-18. Pasangan peringkat 43 dunia ini mengikuti tiga pasangan Indonesia lainnya yang harus mengepak koper.

Sebelumnya ada dua pasangan ganda putri Nitya Maheswari/Greysia Poli, Anggia Shitta/Della Destiara, dan ganda pasangan ganda putra Angga Pratama/Ryan Saputra yang harus merelekan tiket ke babak empat besar kepada lawan-lawan mereka.

Pada game pertama, Javeen/Debby terlihat telat panas dan tidak memiliki konsentrasi yang cukup untuk mengimbangi permainan yang dikembangkan Fischer/Pederson. Hal ini terlihat dari dari gap angka di paruh game yang mencapai 10 angka dan berkahir dengan 21-12.

Game selanjutnya Praveen/Debby tampil lebih padu.  Keduanya bermain dengan nyaman saat meladeni serangan demi serangan pasangan tuan rumah. Walau hanya terpaut poin tipis, namun pola permainan pasangan yang terpaut usia lima tahun itu unggul hampir sepanjang game kedua yang menjadi milik pasangan Tanah Air 20-22, pertandingan dilanjutkan ke rubber game.

Sengitnya game kedua pun berlanjut ke game penentuan. Kejar-kejaran angka tak dapat terhelakan. Bahkan psywar juga sempat terlihat di pertandingan ini. Praveen/Debby sempat mendapatkan teguran dan kartu kuning dari wasit akibat mengulur-ulur waktu. Pada skor genting 16-16 pasangan Indonesia kehilangan konsentrasi dan menyerah 21-18.

Dengan demikian, praktis hanya ada Tommy yang akan berjuang mendapatkan tiket partai puncak di Copenhagen. Di semifinal anak dari mantan pebulutangkis Indonesia, Icuk Sugiarto akan ditantang unggulan nomor dua asal China, Chen Long. Tetap semangat Tommy!

Hasil lengkap wakil Indonesia di perempatfinal BWF Championship 2014:

Tommy Sugiarto vs Eric Pang (Belanda) 22-20 dan 21-19
Nitya/Poli vs Kakiiwa/ Maeda (Jepang) 19-21 dan 13-21
Anggia/Della vs Qing Tian/Yunleo Zhao (China) 12-21 dan 15-21
Angga/Ryan vs Ki Jung Kim/Sa Rang Kim (Korea) 14-21 dan 13-21
Praveen /Debby vs Fischer/Pederson  (Denmark)  12-21, 21-20, dan 18-21.

(okezone)