Usmar : “Park And Ride” Akan di Bangun di Bogor

by -13 views

usmarWakil Walikota Bogor Usmar Hariman meluruskan pemberitaan wacana larangan kendaraan plat B masuk Bogor. “ Sebetulnya, bukan melarang warga Jakarta dan sekitarnya untuk datang ke Kota Bogor, “ tandas Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, Kamis (18/9/2014)

Usmar  menjelaskan, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu konsep yang ditawarkan Pemerintah Kota Bogor bersama Tim Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan (TP4) Kota Bogor.

Saat ini diakui,  Usmar, bahwa  Pemerintah Kota Bogor tengah dihadapi oleh kondisi transportasi yang cukup padat terutama di akhir pekan sehingga menjadikan permasalahan kemacetan yang serius.

Oleh karena itu jelas Usmar, kedepan Pemerintah Kota Bogor akan  menyediakan tempat parkir “park and ride” (parkir dan menumpang) yang akan dibangun di sejumlah titik.

“Tempat parkir itu disiapkan untuk menampung warga luar Bogor yang akan ke Kota Bogor, sehingga mereka dapat menggunakan akses transportasi publik selama di dalam Kota Bogor, “ ungkapnya.

Untuk penyediaan kawasan “park and ride” lanjut Usmar pihaknya melihat salah satu lokasi yang memungkinkan baik secara infrastruktur serta sarana dan prasarannya mendukung yakni di kawasan Sentul Selatan, lebih tepatnya Belanova.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Bogor telah melakukan pembicaraan informal dengan Pemerintah Kabupaten Bogor terkait konsep “park and ride” untuk mengatasi persoalan kemacetan di Kota Bogor.

“Sejauh ini responnya positif, walau ini baru tahap pembicaraan, tetapi Wakil Bupati Bogor sudah memberikan masukan agar pengelolaan parkir diberikan ke pihak ketiga, dan pemerintah memberikan kemudahan perizinan dan  menyiapkan lahan,” kata Usmar.

Selain di Belanova, lanjut Usmar, membangun Terminal Terpadu di Baranangsiang yang dilengkapi dengan sektor jasa  yang dilengkapi “park and ride”, sehingga alternatif lain warga bisa memarkirkan kendaraan di terminal tersebut, lalu selama beraktifitas di Kota Bogor menggunakan transportasi umum.

Selain itu,  menyediakan infrastruktur parkir, Pemerintah Kota Bogor juga melakukan pembenahan terhadap transportasi umum baik itu angkutan kota, maupun Trans Pakuan.

“Kita akan siapkan bus wisata untuk mengangkut pengunjung wisata yang datang dari luar kota yang akan parkir di Belanova. Bus wisata juga akan disediakan ditempat parkirnya di Pool Damri yang akan kita kembalikan fungsi awalnya sebagai pool bus wisata,” kata Usmar.

Usmar menambahkan, upaya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi juga akan didukung dengan operasional Stasiun Sukaresmi. Pemerintah Kota Bogor juga menyediakan lahan sekitar 3 hektar agar dibangun area parkir park and ride.

“Jadi nanti ini akan menjadi transportasi publik yang terintegrasi ke wilayah penyanggah, juga transportasi publik yang aman serta nyaman bagi warga. Sehingga warga Bogor nyaman menggunakan transportasi public, sehingga diharapkan Kota Bogor pun enak untuk dikunjungi wisatawan karena tidak macet lagi,” paparnya.

(bogornews)