Kapal Pengangkut TKI Tabrakan di Nunukan

by -3 views

kapal tkiKapal Motor (KM) Francis Ekspres, kapal reguler yang melayani rute Nunukan – Tawau Malaysia ditabrak oleh kapal barang KM Bunga Mekar yang melaju dari Nunukan menuju Tawau. Akibat tabrakan tersebut, KM Francis Ekspres yang mengangkut 125 TKI tersebut mengalami kerusakan parah pada bagian pintu depan bagian kiri kapal.

Lokasi tabrakan terjadi di Sungai Raja kawasan perairan Malaysia pada pukul 17:15 Wita.

”Juragan Francis Eksores tidak melihat KM Bunga Mekar yang berjalan dari arah Nunukan menuju Tawau karena tidak menggunakan lampu. Sehingga KM Francis Ekspress tidak sempat membelokkan haluan sehingga terjadi tabrakan tersebut. KM Bunga Malam yang menabrak KM Francis Ekspress. Setelah kejadian, KM Bunga Mekar melanjutkan perjalanan ke Tawau,” ujar Nasir salah satu pengawas di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Nunukan Kalimantan Utara, Senin (24/11/2014).

Saat tabrakan antara KM Francis Ekspres dengan KM Bunga Malam, 9 penumpang dan ABK KM Francis Ekspress terjun ke sungai untuk menyelamatkan diri. Upaya penyelamatan KM Francis Ekspres terhadap penumpang yang terjun ke sungai berhasil menyelamatkan 8 dari 9 penumpang yang terjun. 1 korban atas nama Zulkarnain 22 tahun yang merupakan salah satu ABK KM Francis Ekspress belum diketahui nasibnya.

“Korban panik saat akan terjadi tabrakan, sehingga dia melompat ke air. Sampai saat ini korban belum diketemukan baik oleh rekan rekannya maupun oleh unsur SAR. Pukul 22:00 tadi pencarian kita hentikan sementara, dan akan kita lanjutkan besok pukul 06:00 wita,” ujar Kepala Badan SAR Nasional Kabupaten Nunukan Okta Fianto.

(tribunnews)