Sensasi Berburu Kuliner di Empat Kota Jawa Barat

by -13 views

makananSejak jaman dulu kala, kota Bandung terkenal sebagai salah satu destinasi kuliner utama di wilayah Jawa Barat.

Kalangan wisatawan dapat dengan mudahnya menemukan beragam jajanan seperti bakso tahu, dan bakmi atau sayuran segar yang diproduksi langsung dari pertanian di sekeliling kota yang sejuk ini.

Selain Bandung, wilayah Jawa Barat ternyata memiliki sejumlah kota kuliner lain yang wajib dikunjungi oleh kalangan wisatawan.

Seperti dilansir laman Burufly, berikut empat kota di Jawa Barat yang bakal memuaskan selera kuliner kalangan wisatawan akan makanan yang nikmat dan lezat.

Bogor
Hanya satu jam berkendara dari Jakarta, kota hujan menawarkan beragam jajanan lokal dengan rasa yang unik.

Pecinta kuliner bisa langsung menuju jalan Suryakencana untuk mencicipi asinan Bogor dan ngohiong (semacam bakso tahu dengan bumbu khusus).

Selain itu, Gang Aut yang legendaris di pusat kota menyajikan rangkaian makanan dengan nama unik dengan rasa lezat.

Makanan yang wajib dicoba di Bogor adalah gepuk Karuhun (Jalan Sukasari 1 No. 12A), toge goreng Pak Gebro (Jalan Pengadilan), dan sate sumsum Pak Oo (Jalan Suryakencana atau di gerbang Vila Duta).

Cirebon
Kota di tepi pantai ini terkenal dengan makanan laut dan sebagai salah satu pelabuhan terpenting di pulau Jawa. Kota ini menawarkan aneka kuliner yang dipengaruhi budaya asing seperti China dan India.

Kombinasikan nasi Jamblang yang dibungkus daun jati dengan beberapa lauk khas, sambil menikmati sate kalong dan rasakan masakan Empal Gentong yang selalu membuat kangen.

Untuk camilan, tahu Gejrot dan docang dapat ditemukan dengan mudah di seantero kota. Lanjutkan dengan kodok goreng Jatiwangi yang terkenal karena kelezatannya.

Sumedang
Kota yang mayoritas penduduknya bertutur dengan bahasa Sunda yang halus ini, terkenal dengan kuliner tahu-nya yang khas.

Terbuat dari bahan lokal organik dan diolah secara tradisional, seni membuat tahu diperkenalkan pertama kali sekitar seratus tahun lalu oleh seorang imigran China.

Keturunannya sampai saat ini masih menjual tahu yang diolah dengan cara sama dengan nama Bungkeng (Jalan 11 April).

Makanan Sunda lainnya yang juga dapat diperoleh disini adalah pepes ikan dan karedok leunca.

Sukabumi
Salah satu kota terbesar di Jawa Barat ini, terkenal dengan perpaduan tradisi makanan Sunda dengan warisan budaya kuliner China.

Terdapat beberapa restoran China klasik seperti Ciwangi (Jalan Ciwangi) dan Athiam (Jalan RE. Martadinata) dengan menu seperti kwetiau dan tumis sayuran yang selalu membuat kangen.

Beragam masakan Sunda di restoran Ibu Bunut (Jalan Suryakencana No. 72) disukai banyak orang tetapi jika kamu ingin pilihan lain dapat pergi ke rumah makan Saung Mamih (Jalan Brawijaya 3).

(beritasatu)