Ridwan Kamil ‘Titip’ ke Ceu Popong agar Bandung Lautan Api Jadi Hari Nasional

by -5 views

ridwan kamil 2Peristiwa heroik Bandung Lautan Api (BLA) kerap diperingati warga Bandung setiap tanggal 24 Maret 2015. Namun hingga saat ini pemerintah pusat belum menetapkan BLA sebagai Hari Nasional. Oleh karena itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berupaya agar BLA menjadi hari nasional dan diperingati seluruh warga Indonesia.

“Kalau soal itu, dari tahun lalu saya sudah memulai proses politik untuk memperjuangkan BLA menjadi Hari Nasional dan diperingati menjadi sebuah sejarah perjuangan di tanah air,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (23/3/2015).

Menurut Emil, proses politik yang dilakukannya yakni berkomunikasi dengan kaukus anggota DPR RI wilayah Bandung-Cimahi yang diketuai oleh Ceu Popong. Ceu Popong merupakan anggota DPR tertua yang bernaung di Partai Golkar.

“Dalam forum itu kita menitipkan program-program yang sulit masuk ke nasional termasuk soal BLA tersebut. Karena harus ada peran semua pihak termasuk parpol sehingga pengajuan BLA menjadi Hari Nasional mendapatkan argumentsasi yang baik,” terangnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, komunikasi yang dilakukan dengan kaukus anggota DPR RI tersebut merupakan upaya lain yang ditempuh Pemkot Bandung. Karena menurutnya, pengajuan BLA jadi hari nasional tersebut tidak bisa ditempuh dengan upaya vertikal saja.

“Hal-hal seperti pengajuan BLA menjadi Hari Naisonal ini banyak terkait dengan politik. Karena ini keputusan politik maka harus bernegosiasi dengan legislatif,” ucapnya.

Emil menilai peristiwa BLA layak dijadikan sebagai hari nasional. Karena menurutnya, pengorbanan yang dilakukan masyarakat Bandung untuk membakar rumahnya dalam peristiwa BLA merupakan pengorbanan yang sangat besar dalam upaya mempertahankan kemerdekaan.

“Orang tua kita dulu tidak mikir dua kali saat diperintahkan untuk membakar rumah dalam peristiwa BLA. Saya rasa peristiwa merupakan hari pengorbanan nasional,” tandasnya.

(detik.com)