Tristan Alif Diminati Ajax Amsterdam, Pemerintah Tak Mendukung?

by -5 views

tristanPesepakbola belia asal Indonesia, Tristan Alif Naufal, belum bisa resmi bergabung dengan Ajax Amsterdam meskipun sudah berada di Belanda sejak tahun 2013 silam. Pihak keluarga Tristan Alif merasa pemerintah Indonesia kurang mendukung karier bocah yang sempat unjuk kebolehan di hadapan eks pelatih Barcelona yang kini menukangi Bayern Munchen, Pep Guardiola, ini. Ada apa?

“Sekarang tiga bulan sekali kami bolak-balik Indonesia Belanda. Izin tinggal kami masih juga belum selesai, masih juga terkendala. Pihak Ajax Amsterdam sangat menyayangkan, pemerintah Indonesia masih juga belum mengurus. Kami merasa tidak didukung penuh (oleh pemerintah),” beber Ayah Tristan Alif, Ivan Trianto, belum lama ini.

“Alif lelah juga kalau harus bolak-balik, khawatir menganggu staminanya. Perjalanan Indonesia Belanda itu sangat jauh, kami hanya ingin usaha Alif tidak sia-sia,” lanjutnya.
“Kami perlu izin tinggal di Belanda untuk sekeluarga agar Alif juga bisa bergabung di akademi Ajax atau Feyenoord. Karena sekarang yang dibutuhkan hanya itu (izin tinggal), kami berharap pemerintah mau membantu prosesnya, termasuk Kedutaan,” tambah Ivan Trianto.

Di sisi lain, keluarga Tristan Alif mengaku pernah ditawari untuk pindah kewarganegaraan. Namun, tawaran tersebut langsung ditolak mentah-mentah meskipun diiming-imingi berbagai fasilitas apabila Tristan Alif bersedia pindah kewarganegaraan. Tristan Alif sendiri ingin memperkuat Timnas Indonesia suatu saat nanti.

“Sejujurnya, kami pernah dua kali mendapat tawaran pindah kewarganegaraan,” ungkap ibunda Tristan Alif, Irma Lansano.
”Ada dua negara di Asia menjanjikan kami sekeluarga banyak hal, seperti pekerjaan bagus untuk kami, dan semua biaya kehidupan kami ditanggung mereka. Hati dan jiwa kami tetap Merah Putih!” pungkasnya.

(Sidomi)