Ceko Bikin Belanda Lupakan Piala Eropa 2016

by -9 views

sniderRepublik Ceko berhasil membuat kincir angin Belanda tak lagi berputar. Kata pengantar itu bukan dalam arti sebenarnya melainkan kegagalan The Oranje melaju ke Piala Eropa 2016 setelah kalah 3-2 di laga kualifikasi Grup A Piala Eropa 2016.

Bertanding di Amsterdam Arena, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB, Belanda semestinya bisa memanfaatkan situasi ketika Ceko terpaksa bermain dengan sepuluh pemain setelah Marek Suchy mengganjar Van Persie dua menit sebelum interval pertama usai. Namun keunggulan 2-0 yang dicetak oleh Pavel Kaderabek (24′) dan Josef Sural (35′) tak mampu dikejar.

Pada pertandingan ini anak asuh Danny Blind terlihat seperti berada di bawah tekanan. Terlebih mereka tampil di depan pendukung setianya dan dipaksa untuk memetik kemenangan di pertandingan ini. Namun fakta di lapangan berbicara lain. Komunikasi Sneijder cs terlihat buruk, sehingga mereka sering membuang-buang kesempatan untuk menjebol gawang Petr Cech.

Ceko, yang bermain tanpa beban justru mencari aman dengan melakukan pergantian pemain di babak kedua dengan memasukkan pemain bertahan. Ini dimaksudkan untuk mengamankan keunggulan. Kendati tim tamu terpaksa bermain dengan sepuluh pemain. Namun mereka mampu menggandakan kedudukan menjadi 3-0 setelah Van Persie melakukan gol bunuh diri di menit 53.

Huntelaar sukses memperkecil keadaan menjadi 3-1 di menit 70. Tujuh menit sebelum pertandingan usai, Cech kembali memungut bola dari gawangnya setelah Van Persie menjebol gawang Ceko. Itu adalah gol penutup di pertandingan ini dan skor akhir tak berubah.

Ini adalah kedelapan kalinya Belanda gagal merebut tiket Piala Eropa. Dengan demikian, Turki masih memiliki kesempatan untuk merebut tiket Piala Eropa 2016 melalui babak play off. Pada pertandingan yang sama Turki menang 1-0 melawan Islandia.

Berikut daftar timnas Belanda ketika gagal merebut tiket Piala Eropa:
1960 Tidak ikut serta
1964 Tidak lolos kualifikasi
1968 Tidak lolos kualifikasi
1972 Tidak lolos kualifikasi
1984 Tidak lolos kualifikasi

(Okezone)