9 Tanda Bahwa Sirkulasi Darah Tubuh Anda Buruk

by -4 views

darahSirkulasi darah bekerja terus tanpa henti mengangkut lebih dari 5 liter darah setiap saat. Sirkulasi tersebut lah yang membuat organ tubuh berfungsi normal, nutrisi bisa diterima dengan baik, demikian juga produksi berbagai hormon dan suhu tubuh menjadi normal.

Jika sirkulasi darah buruk, maka akan mudah bagi Anda mengalami berbagai masalah kesehatan. Karena itu ada baiknya Anda mengenali beberapa tanda awal peredaran darah di tubuh Anda sedang terganggu.

Ini akan mencegah munculnya penyakit yang lebih parah pada organ jantung, otak, hati, ginjal, serta lainnya. Dilansir laman Boldsky, berikut ini tanda bahwa sirkulasi darah dalam tubuh Anda sedang buruk:

Tangan dan kaki dingin

Sirkulasi darah yang buruk akan membuat suhu tubuh jadi menurun, terutama di bagian ujung tubuh seperti tangan dan kaki.

Bengkak di tangan atau kaki

Selain suhu tubuh turun, tangan dan kaki juga sering mengalami pembengkakan akibat buruknya kerja ginjal (odema). Terjadi penumpukan cairan di kaki dan tangan, sehingga terlihat membesar dan bengkak.

Kelelahan

Karena kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi di seluruh tubuh, maka otot akan mudah kelelahan. Napas juga jadi pendek-pendek, sakit otot dan kurang tenaga.

Disfungsi ereksi

Bagi kaum pria, disfungsi ereksi bisa juga jadi tanda bahwa sirkulasi darah Anda buruk.

Masalah pencernaan

Akibat kurang energi dan nutrisi yang sampai di organ pencernaan, maka pencernaan melambat, dan terjadi sembelit.

Fungsi otak menurun

Gangguan konsentrasi, menurunnya memori dan pusing serta beberapa gejala lain juga disebabkan oleh buruknya sirkulasi darah Anda.

Sistem imun lemah

Kemampuan tubuh untuk melawan penyakit pun akan menjadi lemah akibat menurunnya pasokan oksigen bersih, nutrisi cukup dan berbagai hal lain yang dibawa oleh darah. Hasilnya Anda akan mudah sakit.

Nafsu makan turun

Sinyal lapar yang dikirim oleh organ hati ke otak akan lemah dan lambat, akibat tidak adanya sirkulasi darah yang cukup. Hasilnya Anda akan kehilangan nafsu makan.

Kulit membiru/memar

Warna kulit berubah akibat oksigen tidak lancar sampai ke beberapa bagian tubuh. Warna kulit pun akan berubah pucat, membiru (sianosis) dan kadang sedikit memar.

(Sidomi)