Hujan Deras Melanda Bandung Barat, 7 Desa di 2 Kecamatan Diterjang Banjir

by -3 views
Hujan deras dengan waktu 1,5 jam membuat tujuh desa dari dua kecamatan di daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) diterjang banjir bandang Minggu (27/3/2020) sore.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, daerah yang terdampak banjir itu yakni, Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Ngamprah hingga membuat fasilitas umum dan sejumlah rumah warga terendam.

Kepala pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, di Kecamatan Padalarang banjir itu menerjang 6 desa yakni, Desa Marga Jaya, Cipeundeuy, Laksana Mekar, Jaya Mekar, Cimareme, dan Kertajaya.

“Di Kecamatan Padalarang, 177 rumah terendam, 3 rumah rusak berat dan 175 KK 173 jiwa terdampak, termasuk 1 masjid dan 4 musala,” ujarnya saat dihubungi, Senin (30/3/2020).

Sementara di Kecamatan Ngamprah, kata Duddy, hanya satu desa yang terdampak yakni Desa Mekarsari, namun telah menyebabkan 26 rumah terendam dengan total yang terdampak 34 KK 102 jiwa.

Duddy mengatakan, banjir yang merendam 7 desa di dua kecamatan tersebut penyebabnya selain hujan deras dengan yang lama, disebabkan juga karena adanya luapan air sungai dan drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

“Kejadiannya pada pukul 17.00 hingga 18.30, ketinggian air kurang lebih 30 sampai 60 sentimeter. Air surut pada pukul 19.00, tidak ada korban jiwa,” kata Duddy.

Untuk upaya penananganan, pihaknya sudah melakukan pendataan dan kaji cepat ke lokasi bersama aparatur kewilayahan yakni pihak desa, kecamatan, polsek, koramil dibantu relawan PB.

“Mengungsikan warga terdampak, membantu evakuasi barang-barang. Kerusakannya rata-rata pada alat rumah tangga dan alat elektronik,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah memasang tenda darurat dari Tagana yang digunakan untuk sejumlah warga yang mengungsi akibat banjir bandang tersebut.

(tribunjabar)