Tiga rumah tepi sungai terbawa longsor di Kota Bogor

by -10 views

Tiga rumah warga di tepi Kali Cidepit di RT 01/RW04 Kampung Kebon Manggis Munjul Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, terbawa tanah longsor, pada Kamis dini hari, setelah sebelumnya turun hujan di pada Rabu (16/9) malam.

Dari pantauan, tiga rumah tersebut terbawa longsor sampai ke bibir Kali Cidepit dengan ketinggian sekitar empat meter. Kali Cidepit adalah anak Sungai Cisadane yang mengalir sejajar dengan Jalan Paledang, Kota Bogor, Jabar.

Dari penuturan warga korban longsor, yang saat ini mengungsi di tetangganya, Kamis, longsor terjadi sekitar pukul 02:15 WIB. Namun, sekitar 15 menit sebelumnya, terdengar suara-suara seperti tanah bergerak.

Warga itu segera ke luar rumah dan dengan cepat menyelamatkan diri dengan membawa barang seperlunya. Sekitar 10 menit kemudian, tiga rumah terbawa longsor, tapi tidak ada korban jiwa.

Ketiga rumah yang terbawa longsor itu, terdata, dihuni oleh Gandi dengan satu KK tiga orang, Angga satu KK empat orang, serta satu rumah lainnya dihuni dua KK empat orang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bogor, Jarwo, mengatakan, petugas dari BPBD Kota Bogor yang mendapat laporan, kemudian mendatangi lokasi pada sekitar pukul 04:00 WIB, untuk membantu evakuasi.

Menurut Jarwo, bencana rumah terbawa longsor diperkirakan karena kondisi bangunan berada di atas tanah labil di tepi kali. Ketika tanah tebing mengalami longsor, tiga rumah ikut terbawa. “Apalagi, malam harinya turun hujan deras,” katanya.

Menurut Jarwo, Tim BPBD Kota Bogor pada Kamis pagi, melakukan evakuasi materi dan puing yang terbawa longsor agar tidak membahayakan warga lainnya.

 

(Antara)