SMP Adhi Bangsa Gelar Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap

by -773 views

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/jabar/web/jabarmedia.com/public_html/wp-content/themes/majalahpro/template-parts/content-single.php on line 85

(JABARMEDIA) Cihideung Udik – Sejumlah siswa-siswi SMP Adhi Bangsa Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Akademik 2021/2022, Senin, (21/3). PTS merupakan bentuk penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester.

Selama mengikuti PTS , tahun ini siswa SMP Adhi Bangsa terkesan penuh antusias. Pasalnya, pada PTS Tahun ini mereka lebih mempersiapkan diri dari tahun-tahun lalu. Sebelumnya siswa dibekali kisi-kisi dari guru-guru yang sudah berpengalaman.

Hal ini nampak pada siswi kelas delapan Robi’ah al-Adawiah (14), siswi kelas delapan. Dia tetap mengikuti PTS walaupun dalam kondisi sakit akibat kakinya yang terkilir.

Hari pertama (Senin) ini saya mengikuti PTS Genap sangat menyenangkan, menegangkan, seru sekaligus membingungkan. Kenapa coba, karena dimulai pelajaran IPA,” ujar siswi yang biasa disapa Alda sambil tersenyum lebar.

Melihat kegigihan Alda, saudaranya harus rela antar pulang dan pergi agar ia tetap dapat mengikuti sampai akhir pelaksanaan PTS.

Hal serupa dialami Steven Ramadhani (13), siswa kelas tujuh yang mendadak sakit saat hari pertama PTS. Namun dia tetap semangat mengikutinya meski pihak sekolah telah memberikan kebijakan agar melaksanakan di tempat yang lebih nyaman.

Memang, sebelum pelaksanaan PTS siswa telah mendapat penjelasan mengenai kisi-kisi soal yang akan diujikan.

Belajar Kisi-Kisi

Pihak Tata Usaha Mega Silvia (28), menuturkan bahwa guru-guru SMP Adhi Bangsa telah memberikan materi pelajaran sebelumnya yang sesuai dengan kisi-kisi PTS. Dengan belajar berdasarkan kisi-kisi maka pembelajaran akan lebih efektif karena soal yang keluar tidak akan jauh dari kisi-kisi.

Adapun waktu pelaksanaan PTS di mulai pukul 07.30 sampai 08.45 WIB selang istirahat dilanjutkan pukul 09.15 sampai 10.30 WIB.

Tahun ini, PTS Genap SMP Adhi Bangsa dilakukan secara tatap muka langsung, namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebanyak dua belas mata pelajaran yang di soalkan mulai hari Senin (21/3) sampai Sabtu (26/3). Ada dua mata pelajaran yang dilaksanakan melalui ujian praktek, yaitu mata pelajaran Baca dan Tulis al-Qur’an (BTQ) serta Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (PJOK). Untuk pelaksanaan kedua mata pelajaran tersebut dilakukan secara terpisah sebelum PTS digelar yaitu mulai tanggal 7 Maret 2022.

Hasil dari nilai PTS akan dijadikan komponen nilai rapor sementara yang merupakan nilai asli PTS. Nilai asli ini diharapkan menjadi bahan evaluasi dari siswa dan orang tua agar kedepannya bisa lebih baik. (bobaronline.com)