Pemudik Perlu Istirahat 30 menit Setiap 4 jam

by -3 views

Kasatlantas Polres Subang, Ajun Komisaris Asep Saepudin mengimbau agar para pemudik beristirahat selama 30 menit setiap 4 jam. “Itu untuk menjaga stamina tetap pulih,” katanya di Pos Pengamanan Sukamandi di jalur utara Subang, Kamis (16/8).

Asep mengungkapkan, perjalanan mudik sangat beresiko. Selain jarak tempuh yang jauh, pemudik juga dihadapkan pada kepadatan lalu lintas yang tinggi, polusi asap kendaraan, dan kelelahan saat berkendara.

Beristirahat selama 30 menit setiap 4 jam dinilai dapat mengembalikan stamina pemudik sehingga kembali berkonsentrasi. Untuk tempat beristirahat, para pemudik bisa menemukan rest area, pos pelayanan, ataupun tempat-tempat yang representatif di sepanjang jalur mudik.

Di jalur utara Subang, terdapat 3 pos pelayanan dan 84 pos pengamanan Polres Subang, 4 puskesmas, dan 29 SPBU yang bisa menjadi alternatif pemudik untuk beristirahat. “Beristirhatlah sejenak lalu kembali lanjutkan perjalanan,” ujar Asep.

Ikun (32), pemudik tujuan Purwokerto, Jawa Tengah mengaku selalu beristirahat jika lelah meski tidak setiap 4 jam. Perjalanan dari Jakarta menuju kampung halamannya membutuhkan waktu sedikitnya 15 jam. “Perjalanan sangat jauh, jadi harus banyak beristirahat,” ujarnya. (A-192/A-147)***

Sumber : www.pikiran-rakyat.com