Kenaikan Pemudik pada H-4 Sudah 30 Persen

by -63 views

Kenaikan arus mudik yang melewati Puncak, Cipanas dan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur pada H-4 sudah mencapai 30 persen. Demikian diungkapkan Kapolres Cianjur, Ajun Komisaris Besar Agustri Heryanto, Rabu (15/8/12).

“Dari pantauan petugas sudah terjadi kenaikan arus mudik. Namun, masih sekitar 30 persen. Per jam jumlah kendaraan mencapai 120 – 150 unit.Kemungkinan puncaknya pada H-3 dan H-2 baru terlihat lonjakan,” tuturnya.

Volume kendaraan masih didominasi pemudik bersepeda motor. Kebanyakan para pemudik melintas jalur Puncak – Cipanas – Cianjur pada waktu subuh. “Di beberapa titik yang rawan kecelakaa kami sudah tempatkan petugas yag memantau kecepatan kendaraan pemudik yang bisa memicu terjadinya kecelakaan,” kataya.

Pasalnya, kata Agustri, tak sedikit pula pemudik bersepeda motor ini tak mengindahkan keselamatan berkendara. Para pengendara motor kerap mengabaikan undang-undang lalu lintas. Jika ditemukan pemudik yang berkendara melebihi kapasitas, diimbau untuk berhati-hati.

“Kami tidak lakukan penindakan karena khawatir nantinya akan jadi masalah baru. Kita hanya berikan imbauan saja agar berhati-hati membawa barang bawaannya,” ucapnya.

Lebih lanjut Agustri mengatakan arus mudik diperkirakan mencapai puncaknya pada H-3 dan H-2. “Pada Kamis malam kami perkirakan arus mudik kendaraan melalui jalur Puncak – Cipanas – Cianjur akan mencapai puncaknya pada H-3,” ujarnya. (A-186/A-108)***

Sumber : www.pikiran-rakyat.com