Logistik Pemilukada Cimahi Sudah 100%

by -16 views

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) menegaskan kebutuhan logistik untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi pada Sabtu, 8 September 2012 sudah memadai.

Anggota KPUD Kota Cimahi Herry Ahmad mengatakan, secara umum, Pemilukada Cimahi siap digelar Sabtu, 8 September mendatang. Kesiapan pihaknya didukung dengan kesiapan logistik pemilukada yang seluruhnya telah siap didistribusikan kepada seluruh tempat pemungutan suara (TPS).

“Secara umum, kami telah siap,begitu pun dengan kesiapan logistik.Yang belum dikerjakan hanya memasukan surat suara ke dalam kotak suara yang nantinya akan didistribusikan ke setiap TPS,” ujar Herry ditemui di Kantor KPUD Cimahi, JalanTerusan Pesantren, Kota Cimahi,kemarin. Bahkan, kata Herry, untuk bilik suara sudah lebih dulu didistribusikan, Senin (3/8) lalu. Setiap TPS memperoleh empat bilik suara. Seluruh logistik Pemilukada akan mulai didistribusikan kepada setiap TPS,7 September nanti.

“Begitu pun dengan tinta, paku, tanda pengenal, dan seluruh logistik lainnya akan didistribusikan sehari sebelum hari H,”katanya. Menurut Herry, sebelum didistribusikan, seluruh logistik pemilukadaakandisimpandigudang KPUD di Jalan Padasuka, Cimahi dengan penjagaan ketat polisi.“Selain polisi bersenjata lengkap, logistik pemilukada pun dikawal petugas KPUD dan Satpol PP,”pungkasnya. Divisi Teknis KPUD Kota Cimahi Handi Dananjaya menambahkan, sebanyak 367.208 surat suara kini sudah tersimpan rapi dalam sampul setelah melalui proses penyortiran.

Handi menjelaskan,setiap TPS nantinya mendapatkan satu sampul berisi surat suara yang jumlahnya sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS yang bersangkutan.“Setelah disortir,surat suara itu dimasukkan dalam sampul suara dan langsung disegel,”katanya. Handi menjelaskan, pada tiap sampul surat suara, pihaknya memasukan surat suara tambahan sebanyak 2,5% dari jumlah DPT. Sementara untuk jumlah DPT dalam Pemilukada Cimahi,kata Handi seluruhnya mencapai 358.252 orang.

Sementara itu, masing-masing tim sukses pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi pun turut melakukan berbagai persiapan. Salah satunya menyiapkan saksi-saksi saat hari pencoblosan nanti. Anggota tim pemenangan pasangan Supiyardi-Encep Saepulloh (SAE),Santoso Anto mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam penghitungan suara di TPS nanti dengan pembentukan tim saksi yang diketuai seorang manajer TPS.

“Tim tersebut akan berupaya pula untuk menarik simpati calon pemilih,tapi bukan dengan money politics dan semacamnya, namun melalui program yang diusung SAE,”katanya. Begitu pun dengan pasangan calon dari jalur independen, Ahmad Ramli Assagaf-Jumadi (Arjuna).KetuaTim Sukses Arjuna Muhamad Efendi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan ribuan saksi guna mengawal jalannya pemungutan suara.

“Sebanyak 1644 orang sudah siap disebar ke 832 TPS,”jelas Efendi. Sama halnya dengan Arjuna, tim sukses pasangan calon Cecep Rustandi-Eman Sulaeman (Cep-Eman) Juni Sulistianto menyebutkan,pihaknya pun menyiagakan dua orang saksi di setiap TPS selama pemungutan suara berlangsung. Juni mengaku sudah memberikan berbagai pembekalan bagi para saksi yang akan ditempatkan.

“ Kami berharap tidak ada kecurangan. Saksi yang kami siapkan sudah diberikan pembekalan untuk segera memberikan laporan bila terjadi indikasi kecurangan,”katanya. Menurut Juni,Cep-Eman sudah siap bertarung dalam Pemilukada Cimahi. Bahkan dengan yakin, Juni mengatakan Cep-Eman siap menang.Pihaknya mengaku sudah berupaya maksimal mengenalkan sosok pasangan calonnya kepada masyarakat.

“ Kini,kami tinggal berdoa dan menyerahkan seluruhnya kepada Yang Mahakuasa.Semoga apa yang kami harapkan terkabul,”pungkasnya. agung bakti sarasa.

Sumber : www.seputar-indonesia.com