Kalahkan MU, Persib Jumpa Sriwijaya FC di Final

by -17 views
Foto: (Yadi/VIVAbola)

Hattrick Herman Dzumafo Epandi plus gol dari Atep dan M. Ridwan membawa Persib Bandung mengeksekusi lawannya, Makassar United (MU) dengan skor telak 5-1 pada turnamen Celebes Cup 2012 di Stadion Siliwangi, Sabtu malam 3 November 2012.

Kemenangan ini membawa Maung Bandung ke final Celebes Cup dan menantang Sriwijaya FC, Minggu 4 November. Sriwijaya sendiri sejam sebelum duel Persib lawan MU digelar, sukses membungkam juara Divisi Utama Liga Indonesia, PS Barito Putera Banjarmasin 2-0.

Dzumafo menunjukkan ketenangannya dalam menyelesaikan peluang dari titik putih. Gol penalti pertama Dzumafo diciptakan pada menit 39. Persib mendapatkan penalti setelah Tony Sucipto di langgar pemain belakang MU di kotak terlarang.

MU kembali dihukum penalti oleh wasit Novari Ikhsan pada masa injury time babak pertama tepatnya menit 45 (+2). Pergerakan M. Ridwan memaksa pemain belakang MU menjatuhkan eks pemain Sriwijaya FC tersebut di kotak penalti. Dzumafo yang kembali jadi algojo tanpa kesulitan mampu menaklukan kiper MU, A.M. Guntur.

Memasuki babak kedua, Maung Bandung memperlebar keunggulan melalui Atep pada menit 79. Hanya selang tiga menit kemudian, MU berhasil memperkecil ketertinggalan jadi 1-3, melalui striker andalannya, Rodrigo Santoni.

Persib kembali merespons di menit-menit akhir pertandingan. M. Ridwan kembali membawa Persib menjauh lewat gol yang dicetaknya pada menit 87 dan lagi-lagi Herman Dzumafo mampu menjebol gawang MU untuk melengkapi kemenangan menjadi 5-1, sekaligus mencatatkan diri sebagai top skor sementara turnamen.

Penyelenggaraan turnamen Celebes Cup sendiri nyaris dibatalkan setelah panitia tak kunjung mendapatkan restu dari pihak Polda Jawa Barat. Namun, beruntung kepolisian akhirnya luluh dan mengeluarkan izin meski jadwal kick off laga Sriwijaya melawan Barito dan Persib menghadapi MU harus molor beberapa jam dari yang dijadwalkan sebelumnya.

“Walaupun sedikit kecewa karena penyelenggaraannya masih simpang siur sampai hari H. Tapi kita tetap senang karena turnamen ini tetap bisa digelar,” jelas Manajer Persib Umuh Muchtar.

Sumber:viva.co.id