Protes Pernyataan Bhatoegana, Massa Turunkan Bendera Demokrat

by -3 views
Foto:NTARA/Rosa Panggabean

Rabu 28 November 2012, puluhan mahasiswa dari dan berbagai elemen organisasi di Cirebon,Jawa Barat melakukan aksi demonstrasi memprotes pernyataan Sutan Batoegana anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat. Mereka menilai Sutan Batoegana telah menghina  dan menyinggung keluarga besar NU dengan menuduh Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid ayau Gus Dur jatuh karena tersandung kasus Korupsi.

“Statemen Sutan Batoegana benar-benar sudah menyakiti keluarga besar NU dan masyarakat Indonesia. Dia harus minta maaf atas pernyataannya,” ujar Harry salah seorang pengunjukrasa usai aksi kepada VIVAnews.

Pantauan VIVAnews, mahasiswa melakukan aksi di kampus UIN Syekh Nur Jati kemudian menuju kantor DPC Demokrat Kabupaten Cirebon. Namun ternyata di kantor DPC Demokrat Kabupaten Cirebon tutup dan tidak ada seorang pun pengurus yang dapat ditemui.

Massa demonstrasi pun akhirnya melampiaskan kekecewaannya dengan merusak dan merubuhkan papan nama kantor DPC Demokrat Kabupaten Cirebon. Mereka pun menurunkan bendera partai Demokrat lalu membakarnya.

Puluhan aparat kepolisian dari Polres Cirebon yang berjaga-jaga di depan kantor DPC partai Demokrat tidak dapat berbuat apa-apa. Usai dari lokasi tersebut, massa kembali bergerak menuju kantor DPRD Kabupaten Cirebon.

Sempat terjadi aksi saling dorong antara pengunjuk rasa dengan aparat kepolisian. Namun akhirnya massa diperbolehkan masuk dan bertemu dengan ketua DPRD Kabupaten Cirebon H Gotas.

Menanggapi aksi tersebut, DPRD Kabupaten Cirebon bernjanji akan melayangkan surat berisi aspirasi mereka kepada Presiden susilo Bambang Yudhoyono. Setelah menyampaikan aspirasinya itu, massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib dan aman.

Sementara itu, di Jawa Timur aksi demonstrasi serupa dilakukan warga nahdliyin yang terdiri dari berbagai elemen, antara lain DKW Garda Bangsa, DPW Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa, DPW Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa, PMII Jatim, Banser Gununganyar Surabaya, Pagar Nusa Jambangan, Santri Pondok Pesantren Pasrepan Pasuruan, Jamaah Ngaji dan Ngopi (Jangop) Surabaya dan lain-lain.

Mereka berorasi memprotes pernyataan Sutan Bhatoegana di depan Kantor DPW Partai Demokrat Jalan Kertajaya Surabaya, Rabu 28 November 2012.

Dalam orasinya itu massa mengusung berbagai poster hujatan dan tuntutan, termasuk foto Sutan Bhatoegana yang wajahnya dicorat-coret dan disilang warnah merah. Massa menuntut sutan Bhatoegana di pecat dari jabatannya di Partai Demokrat. (adi)

Sumber:viva.co.id