MENUJU JABAR 1 : Pemilihan Gubernur Diprediksi Satu Putaran

by -3 views

Pilgub Jabar 2013Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2013 mendatang diprediksikan akan berlangsung satu putaran. Pasalnya tingkat elektabilitas tiga dari lima pasangan gubernur dan calon gubernur mencapai lebih dari 10 persen. Sementara swing voter atau yang belum menentukan pilihan mencapai 20,84 persen sehingga dengan perhitungan statistik akan ada yang lebih dari 30 persen.

Berdasarkan survei yang dilakukan Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika (PK2S) Universitas Padjadjaran pasangan nomor urut tiga , Dede Yusuf . Effendi dan Lex Laksamana meraih 31,28 persen suara. Selanjutnya diikuti Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar 26,46 persen, Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki 10,44 persen. Sementara Irianto M Syafiuddin dan Tatang Farhanul Hakim meraih 8,63 persen serta Dikdik Mulyana dan Cecep Nana S.Toyip meraih 1,15 persen

“Dengan ada swing voter, hasil akhir dari pilgub bisa berubah. Jadi belum bisa dipastikan nomer urut tiga ini yang utama. Kalau dilakukan dengan kampanye bagus, bisa berubah hasilnya,” kata Ketua PK2S Dr Toni Toharudin dalam jumpa pers “Survei Pilgub Jabar 2013” di Kampus Unpad Jln. Dipati Ukur, Kota Bandung, Jumat (28/12/2012).

Dia juga memaparkan jika dilihat tingkat popularitas pasangan, Ahmad Heryawan- Deddy Mizwar meraih 42, 48 persen, sedangkan Dede Yusuf- Lex Laksamana meraih 27,91 persen tidak jauh berbeda dari Rieke Diah Pitaloka- Teten Masduki meraih 26,08 persen.

“Survei ini dilakukan secara proporsional dengan indikator sampling tidak hanya 26 kota/kabupaten di Jabar tapi juga pekerjaan responden. Diharapkan survei berikutnya bisa menjawab mendekati kebenaran. Survei sekarang ini dilakukan sebelum penentuan nomer urut pasangan tapi sudah ada deklarasi pasangan,” ka