Inilah Data dan Fakta Jelang Duel Madrid Vs Dortmund

by -9 views

borussia-dortmund-vs-real-madrid-uefa-champions-leagueLiga Champions babak penyisihan grup kembali bergulir pada Rabu dini hari nanti. Salah satu partai seru yang patut disimak adalah pertandingan di Grup D antara tuan rumah Real Madrid menghadapi juara Bundesliga, Borussia Dortmund di Santiago Bernabeu.

Madrid akan tampil tanpa diperkuat striker asal Prancis Karim Benzema yang mengalami cedera paha. Posisinya kemungkinan besar digantikan penyerang Argentina Gonzalo Higuain yang sudah mencetak tujuh gol di La Liga, namun belum di kompetisi Eropa musim ini.

“Ini grup yang berat, dan setiap poin yang Anda raih sangat bagus. Dortmund dan kami berada di situasi yang hebat, namun sangat memungkinkan kalau City meraih poin di laga keduanya (menghadapi Ajax) dan mereka bangkit. Semua tim di grup ini dalam tekanan. Saya tak khawatir terhadap keseluruhan tim Dortmund. Mereka memang tim kuat secara fisik, dan memiliki pemain yang cepat. Jika mereka mampu lolos ke babak selanjutnya, mereka akan jadi kandidat juara,” puji pelatih Madrid, Jose Mourinho pada calon lawannya.

Di kubu Dortmund, kapten Sebastian Kehl absen karena mengalami patah hidup pada pertandingan di Bundesliga yang berakhir imbang 0-0 melawan Sttutgart. Menurut manajer Dortmund, Jurgen Klopp, Kehl sudah berlatih dengan mengenakan topeng pelindung wajah, namun diragukan ia bisa tampil.

“Kami harus memperhatikan semuan pemain Madrid. Hanya saja kami sangat baik dalam permainan sayap, dan jika kami menggunakan senjata ini secara tepat kami bisa membuat masalah untuk mereka. Kami tak akan tampil ketakutan menghadapi Madrid, namun kamu harus benar-benar menghormati mereka,” tegas Klopp.

Di ajang Liga Champions, Madrid hanya kalah sekali dalam 13 pertandingan terakhirnya di Santiago Bernabeu. Satu-satunya kekalahan Los Blancos ini adalah dari seteru abadi mereka, Barcelona.

Los Merengues menang 18 kali dan hanya kalah dua kali dalam 23 pertandingan kandang di kompetisi Eropa menghadapi lawan dari klub Jerman. Termasuk diantaranya dua kemenangan dalam dua kali pertemuan menghadapi Dormund di Bernabeu.

Di ajang kompetisi Eropa, Dortmun belum pernah menang dalam enam pertandingan tandang terakhirnya. Rekor mereka tiga kali imbang, dan tiga kali kalah.

Madrid melepaskan tembakan ke arah gawang, sebanyak 26 kali, lebih banyak dari klub peserta Liga Champions yang lain.

Cristiano Ronaldo telah mencetak 15 gol dalam 12 kali pertandingan terakhir di Liga Champions.

Namun Madrid hanya mampu sekali menjaga gawangnya tak kebobolan dalam sembilan pertandingan terakhir di Liga Champions.

Dalam 28 pertandingan terakhir di Liga Champions, Madrid menang 20 dan kalah tiga kali (lima kali imbang).

Pasar taruhan internasional menempatkan Madrid menang dengan perbandingan 1 banding 2, Dortmund menang 7/1 dan hasil imbang 19/5. [L-9]

sumber:suarapembaharuan.com