PTP Nusantara VIII Kembangkan Buah Naga dan Nanas Si Madu

by -72 views

cover_04PTP Nusantara VIII Kebun Pasirbadak melakukan penanaman buah naga di lahan seluas 10 hektare, yang berada di lahan afdeling 5 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Penanaman buah naga ini merupakan yang pertamakalinya dilakukan oleh PTP Nusantara di Indonesia.

“Kami mencoba melakukan bidang lain yaitu di sektor agro industri dengan mencoba mengembangkan buah naga dan nanas di madu di areal lahan yang ada,” ujar Petugas PTP Nusantara VIII, Anang Suryana, Senin (29/4/13).

Dikatakannya, nantinya dari total lahan 10 hektare yang digunakan untuk pembudidayaan buah naga, setiap hektarenya bisa ditanam sekitar 1.100 pohon atau secara keseluran mencapai 11 ribu pohon.

Dipilihnya pengembangan buah naga dan nanas ini merupakan kebijakan manajemen, setelah sebelumnya dilakukan penelitian. Untuk masa tanam dari bibit hingga siap berbuah, diperlukan waktu sekitar 2-3 tahun.

Namun, biasanya naga siap panen bisa dilakukan pada satu tahun pertama, namun, itu tergantung dari proses pertumbuhan dari pohon buah naga. “Pangsa pasar nanti kemunginan besar baru sebatas lokal saja. Namun, kita mesti lihat perkembangannya nanti termasuk pengembangan nanas si madu yang lahannya telah disiapkan sebanyak 25 hektare,” ujarnya. (A-193/A-88)***