Dua Mahasiswa UNIKOM Bandung – Berawal dari Robot, Diundang Berbicara di Inggris

by -20 views
Mahasiswa Unikom Juara Lomba Robot di AS
Mahasiswa Unikom Juara Lomba Robot di AS

Kecerdasan orang Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain. Banyak anak bangsa yang membuktikan kecerdasannya dengan menorehkan prestasi internasional.

Adapun termasuk dua mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Yazid Al Qahar dan Eko Prabowo Putro yang telah mengharumkan nama bangsa di mancanegara. Yazid yang merupakan mahasiswa jurusan teknik informatika berhasil meraih medali emas kategori Shooting Gallerypada Robogames 2012 di California, Amerika Serikat. Robot ciptaannya diberi nama DRU116SGR-V13.

Sementara Eko, mahasiswa jurusan teknik komputer yang Berjaya pada Trinity College Firefighting Home Robot Contest di Connecticut 2013. Robotnya yang diberi nama DRU99 RWEV13 menjuarai kategori Robo Waiter Advancepada ajang tersebut. Atas prestasi tersebut, keduanya diundang untuk melakukan presentasi perihal proses pembuatan robotnya di University of Cambridge dan University of Oxford, Inggris pada 3–13 Juni mendatang.

Mereka mengaku terpilih oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)setelah sukses menyisihkan sejumlah mahasiswa berprestasi lainnya dengan membuat sebuah esai ke Kemenlu RI. “Kami merupakan dua orang terpilih dari seluruhnya ada 21 orang Indonesia yang akan melakukan presentasi di University of Cambridge dan University of Oxford, Juni mendatang,” ujar Yazid.

Dia akan memanfaatkan persentasenya di dua universitas tersebut untuk mempromosikan dan menyosialisasikan robot ciptaannya agar bisa dimanfaatkan untuk kelak kebutuhan industri. Pasalnya, kata mahasiswa kelahiran Dumai, 5 Oktober 1992 ini, robot ciptaannya baru prototipe dan belum bisa dibuat untuk membantu di kehidupan sehari-hari.

“Ini merupakan kesempatan bagi saya untuk memperkenalkan temuan saya, meskipun baru prototipe tapi saya akan berusaha untuk bisa dikembangkan dan bisa menjadi produk yang memiliki manfaat langsung di kehidupan sehari-hari,” ujarnya. Dia berharap ada industri yang melihat ciptaannya, lalu bisa di aplikasikan di industri tersebut. Sementara itu, Eko menuturkan robot ciptaannya dikembangkan untuk membantu kehidupan seharihari sebagai robot pelayan atau membantu aktivitas manusia.

“Robot saya memang diciptakan untuk membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari di rumah, ini juga yang nantinya akan saya sosialisasikan pada saat presentasi,” kata Eko. Program ini diperuntukkan kepada generasi muda berprestasi untuk dapat memiliki kesempatan berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri. Presentasi di dua universitas terkemuka di Inggris ini merupakan program Outstanding Students for the World. Program ini termasuk upaya diplomasi publik Kemenlu RI. ●

PANJI QADHAFI
Kota Bandung    

sumber:koran-sindo.com