Pendaftaran Mudik Gratis Pesepeda Motor Dibuka

by -12 views

motor mudikDirektorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengendara sepeda motor mulai hari ini hingga 30 Juli mendatang. “Setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-15.00,” kata Kepala Subbagian Humas Sekretariat Jenderal Perhubungan Darat, Zainal Arifin, saat ditemui Tempo di meja pendaftaran mudik gratis, Selasa, 15 Juli 2013.

Ada 12 kota tujuan mudik gratis itu, yaitu Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Solo, Purwokerto, Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya, dan Cilacap. Ada 35 truk dan 70 bus yang dioperasikan untuk mudik gratis tersebut. Kementerian Perhubungan memperkirakan seluruh truk dapat mengangkut 1.800 sepeda motor.

Sementara itu, kata Zainal, sebanyak 70 bus itu rencananya mengangkut 3.600 penumpang. Zainal menjelaskan, sepeda motor yang diangkut tidak boleh dimodifikasi atau diberi aksesori tambaha. Kaca spion wajib dilepas atau dibawa oleh pemilik. Helm juga wajib dibawa sendiri oleh pemiliknya. Selain itu, sepeda motor harus dilengkapi penyangga atau standar tengah dan pegangan belakang. Roda sepeda motor harus sesuai spesifikasi pabrik dengan ukuran standar. Pemilik sepeda motor juga harus memastikan bahwa sepeda motornya tidak memiliki boks samping maupun belakang.

Salah satu hal yang penting, tangki bensin sepeda motor sewaktu diangkut harus dalam keadaan kosong atau kering. Di tempat tujuan, pemilik akan mendapat jatah bensin 1 liter per sepeda motor. Selanjutnya, kunci sepeda motor diserahkan kepada petugas ekspedisi.

“Motor juga harus memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan pemiliknya mempunyai surat izin mengemudi (SIM) yang sah. Nama pemilik STNK maupun SIM harus sama,” kata Zainal.

Penyerahan sepeda motor, pemberangkatan sepeda motor, serta pemberangkatan penumpang dengan bus dilakukan di Depo E Klender PPD, Jalan Raya Bekasi Timur KM 17, Klender, Jakarta Timur. Untuk kota tujuan Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Wonogiri, Solo, dan Purwokerto, penyerahan sepeda motor dilakukan pada 1 Agustus mendatang. Pemberangkatan truk dan bus masing-masing dilaksanakan pada 2 Agustus dan 3 Agustus 2013. Sementara itu, serah-terima sepeda motor dilakukan pada 4 Agustus 2013 di dinas perhubungan setiap kota.

Untuk kota tujuan Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya, dan Cilacap, penyerahan sepeda motor dilakukan pada 3 Agustus, sementara truk diberangkatkan pada 4 Agustus 2013. Sedangkan bus diberangkatkan pada 5 Agustus 2013. Serah-terima sepeda motor dilakukan pada 6 Agustus 2013 di dinas perhubungan setempat. Hingga saat ini, ada 12 pemilik sepeda motor yang mendaftar program mudik gratis tersebut.

Sumber: tempo.com