Amankan Mudik, Polda Banten Hanya Terjunkan 426 Personel

by -3 views

mudik-bantenGuna mengamankan jalannya arus mudik lebaran, Direktorat Lalu Lintas Polda Banten hanya akan menerjunkan sebanyak 426 personel. Ratusan aparat itu nantinya akan disebar di sepanjang jalur yang biasa dilalui para pemudik, baik jalur arteri maupun jalur alternatif.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Slamet Hadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk menjaga kelancaran arus mudik lebaran. Pertama, sejak H-7 hingga hari H lebaran, fokus pengamanan akan dimaksimalkan untuk kelancaran arus mudik. Namun, di sela-sela pengamanan arus mudik, pada H-1, fokus pengamanan pada pelaksanaan perayaan malam takbiran.

“Untuk hari H, pengamanan akan difokuskan pada penjagaan rumah ibadah. Baru kemudian H 1 hingga H 7 penjagaan akan difokuskan pada arus balik dan penjagaan terhadap daerah wisata seperti Pantai Anyer dan Carita,” kata Slamet di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (31/7/2013).

Kendati tidak memperoleh tambahan kekuatan dari Mabes Polri, Slamet mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala hal untuk mengatur kelancaran arus mudik. Salah satu hal yang dipersiapkan yakni kendaraan operasional.

“Kendaraan bermotor roda dua sebanyak 140 unit, untuk roda empat sebanyak 68 unit, sedangkan roda 6 sebanyak 3 unit, dan ambulan 3 unit,” ujarnya.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Pudji Hartanto mengatakan, Mabes Polri memang tidak memberikan alokasi tambahan personel bagi Polda Banten. Pasalnya, sebanyak enam ribu personel akan ditempatkan di jalur Pantai Utara, Jawa Barat, guna mengatur kelancaran arus lalu lintas di jalur tersebut.

“Meski begitu, jika nanti memang dibutuhkan maka Polda Banten dapat berkoordinasi, dan kami akan terjunkan pasukan,” katanya.(kompas.com)