1.186 Personel Aparat Gabungan Siaga Perketat Keamanan Pelantikan

by -8 views
sejumlah personel dari aparat gabungan siaga mengamankan suasana di stopan pinggir ruas perempatan Jalan Merdeka tepat sesaat rombongan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Ridwan Kamil Dan Oded M. Danial melintas ke Arah Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (16/9/2013)
sejumlah personel dari aparat gabungan siaga mengamankan suasana di stopan pinggir ruas perempatan Jalan Merdeka tepat sesaat rombongan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Ridwan Kamil Dan Oded M. Danial melintas ke Arah Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (16/9/2013)

Bandung (Jabarmedia) – Sekitar 1.186 personel dari aparat gabungan siaga ikut mengawal dan memperketat keamanan pelantikan wali kota dan wakil wali kota Bandung, Ridwan Kamil (Emil) dan Oded M. Danial, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Aceh,Senin (16/9/2013).

Kabag Operasional Polrestabes Bandung AKBP Diki Budiman mengatakan, “jumlah personel yang siaga dalam pelantikan wali kota ini ada 1.186 personel,” katanya. Diki melanjutkan, “untuk mengamankan pelantikan (red-wali kota dan wakil wali kota) ini melibatkan 186 aparat dari Polrestabes Bandung, 656 Polda Jabar dan Sat Brimob Polda Jabar, 200 Kodim, 150 Satpol PP, 90 Dinas Perhubungan, 2 unit Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Ambulan Rantis dan tokoh pengamanan masyarakat.

Peningkatan keamanan tidak hanya di tempat pelantikan, tapi juga di seluruh wilayah Bandung. Peningkatan keamanan ini dilakukan agar pelantikan berjalan aman dan kondusif. “Ini untuk pengawalan dan pengamanan. Kami ingin berjalannya pelantikan ini aman dan kondusif,” kata Diki.

Ruas jalan Aceh yang melintasi Gedung DPRD Kota Bandung ditutup sejak Senin (16/9) pagi pukul 06.00 WIB. hingga pukul 13.00 WIB.

Sementara Jl. Aceh yang melintasi Gedung Hotel Hyatt, Jl. Wastu Kencana dan Jl. Purnawarman ditutup saat rombongan Walikota dan Wakil Walikota yang datang dari Hotel Hyatt berjalan menuju Gedung DPRD Kota Bandung.

Tapi, lalu lalang mobil pribadi dan angkutan umum masih terlihat hingga pukul 09.00 WIB dari arah jalan Merdeka menuju jalan Aceh depan Hotel Hyatt.

Begitupun dari arah Jalan Merdeka yang melintasi Bandung Indah Plaza (BIP) kendaraan bermotor, angkutan umum dan mobil pribadi masih terlihat melintas lewat pertigaan jalan Aceh saat para pertugas keamanan berjaga-jaga.

Keamanan di sekitar Gedung DPRD ditingkatkan guna mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi seperti aksi unjuk rasa yang dilancarkan oleh pihak pro-kontra.

Adanya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung yang baru, Ridwan Kamil dan Oded M. Danial, menandakan masyarakat Kota Bandung mulai Senin ini, mempunyai pemimpin yang baru masa bakti 2013 sampai 2018.

Pelantikan berlangsung dengan aman dan khidmat. Di depan sekitar 800 tamu undangan yang hadir, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan melantik Ridwan Kamil dan Oded M, Danial sebagai wali kota dan wakil walikota Bandung yang baru menggantikan Wali Kota Dada Rosada.

Tampak hadir dalam pelantikan beberapa tokoh nasional, petinggi partai politik yang diusung, budayawan, artis dan sejumlah tokoh tamu undangan lainnya.