Inilah Manfaat Rafting Untuk Kesehatan

by -3 views

cicatihRafting tidak sekadar wisata untuk kesenangan saja. Di balik serunya menaklukkan arus liar, ternyata tersimpan manfaat untuk kesehatan. Mau tahu?

Menurut pakar kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, rafting adalah salah satu olahraga yang membuat kaki relatif tidak banyak bergerak. Namun, rafting adalah kegiatan yang membuat dada, punggung, bahu termasuk leher banyak bergerak.

“Dada, punggung, bahu termasuk leher banyak melakukan manuver yang kadang tak mudah, bahkan berat. Sehingga hal itu akan memaksa jantung berdenyut lebih keras. Bila terjadi pada jangka panjang saya percaya bisa meningkatkan derajat kesehatan seseorang,” tuturnya kepada detikTravel, Selasa (17/9/2013).

Tentu, lanjut Michael, peningkatan kesehatan ini tidak secara langsung. Untuk pemula, satu kali rafting atau bahkan tiga kali malah bisa menyebabkan cedera.

“Atau malah bisa sakit semua badannya karena tumpukan asam laktat dan tidak tereliminasi dengan baik karena gerakan yang tidak biasa dilakukan,” tambahnya.

Menurutnya, penumpukan asam laktat atau asam susu ini bisa berakibat pada sakit di tubuh. “Kalau mau olahraga rafting lebih baik disesuaikan dengan kemampuan tubuh,” sarannya.

Ada beberapa tingkatan dalam rafting mulai dari mudah hingga berat. Michael pun menyarankan agar traveler yang baru pertama kali rafting atau berarung jeram untuk mencoba dari yang mudah terlebih dahulu.

“Sebenarnya satu minggu membutuhkan 3 kali latihan itu baru bisa untuk kesehatan. Kita lihat saja para instruktur yang setiap hari rafting pasti mereka sehat bugar,” lanjut Michael.

Sebaliknya, untuk traveler yang melakukan rafting hanya untuk rekreasi mungkin tidak akan mendapatkan nilai kesehatan.

“Kalau rafting satu kali setahun misalnya karena undangan kantor tidak akan mendapatkan nilai kesehatan. Tapi kalau rutin dan teratur saya percaya bisa mendapatkan nilai kesehatan,” tambahnya.
Sumber: detik.com