Menyantap Gudeg Spesial dan Nasi Rawon

by -10 views

spesial nasi rawonKalau berada di Solo atau Yogyakarta, menikmati nasi gudeg tentu banyak pilihan. Penjualnya banyak. Sebut saja gudeg di Yogyakarta yang sudah terkenal seperti gudeg Bu Djuminten dan Gudeg Pawon, sedangkan di Solo ada Gudeg Mbak Yus.

Kalau di Jakarta, tentu tidak banyak penjual nasi gudeg yang enak. Beberapa waktu yang lalu saya sudah mencoba Gudeg Adem Ayem di Jalan AM Sangaji. Menurut saya enak. Tetapi, di mana lagi penjual gudeg enak di Jakarta? Jawabannya mungkin di Gudeg Batu Tulis yang berada di Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Saya juga kebetulan mendapatkan rekomendasi Gudeg Batu Tulis ini dari seorang teman yang mempunyai rumah makan di Kelapa Gading. Jadi tidak ada salahnya untuk kita coba.

Rumah makan ini ukurannya tidak terlalu besar, kira-kira ada tujuh meja. Di bagian depan untuk tempat display gudeg dan aneka lauknya. Di Gudeg Batu Tulis juga cukup banyak menjual jajanan atau camilan.

Kami lantas memesan nasi gudeg spesial dan nasi rawon. Untuk porsi nasi gudeg spesialnya memang komplet banget. Berisi gudeg, krecek, ayam dada opor, telor, tahu dan tempe bacem. Untuk sambalnya sudah disediakan tersendiri.

Gudeg-nya saya suka, kreceknya juga walau potongannya agak besar tapi cukup lembut, tetapi rasanya tidak pedas. Ayam opornya gurih, dagingnya juga empuk. Tahu dan tempe bacemnya juga enak. Saya suka dengan gudeg spesial gudeg batu tulis ini.

Teman saya coba menu nasi rawon, seperti yang biasa disajikan di tempat lain. Menu rawon disajikan dengan tauge, kerupuk udang, telor asin dan sambel. Untuk kuahnya pekat dan hmmm… ternyata lezat sekali. Harum bawang goreng juga cukup terasa. Dagingnya cukup banyak dan empuk. Bagi yang suka menu rawon boleh juga nih untuk dicoba.
Sumber: Kompas.com