Akhirnya, Raju Remaja Gizi Buruk Asal Sukabumi Dibawa ke Rumah Sakit

by -22 views

rajurumahsakitSenyum kebahagiaan menghiasi wajah Raju (17). Remaja penderita gizi buruk asal Kampung Simpenan Rt 04 RW 07 Desa/Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi itu kini berstatus pasien dengan perawatan khusus di RSUD Sekarwangi, Cibadak. Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Kesehatan memberikan perawatan kepada Raju.

“Saya sangat bersyukur anak saya mendapat perhatian khusus dari pemerintah kabupaten, tadinya sempat muncul kekhawatiran masalah pembiayaan. Tapi tadi kata pak camat semua biaya ditanggung oleh pemerintah, Alhamdulillah,” ujar Heri (39) ayah Raju saat menemani anaknya di bangsal perawatan RSUD Sekarwangi.

Tidak hanya biaya perawatan, biaya hidup Raju selama menjalani perawatan juga ditanggung oleh pemerintah daerah melalui pihak Kecamatan Cikembar. “Biaya hidup Raju dan keluarganya selama perawatan kami yang tanggung,” singkat Dodi Sukmana Camat Cikembar, usai mengantarkan Raju.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Adjo Sarjono menilai ketakutan keluarga terkait pembiayaan seharusnya sudah tidak ada. Ia menekankan, Puskesmas sebagai tonggak paling depan dalam pelayanan kesehatan harusnya rajin memberikan sosialisasi terkait adanya program jaminan pemerintah bidang kesehatan.

“Saya merasa prihatin, seharusnya remaja seumuran dia berada di bangku sekolah menikmati pendidikan yang layak, terkait penyakit yang dideritanya dan kekhawatiran keluarga terkait biaya kesehatan merupakan bukti masih lemahnya sosialisasi program Jamkesmas maupun Jamkesda,” terangnya.

(detik.com)