5 Tahun ke depan, Jonan Upayakan Semua Pulau Besar Miliki Jalur KA

by -39 views

jonanMenteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan kembali menegaskan bahwa salah satu prioritas pemerintah yaitu membangun infrastruktur transportasi yang lebih merata. Oleh karena itu, dalam 5 tahun ke depan, dia akan mengupayakan semua pulau besar di Indonesia memiliki jalur kereta api.

“Dalam lima tahun ke depan kita usahakan semua pulau terbesar sudah memiliki jalur kereta api, termasuk Kalimantan, Sulawesi, Papua,” kata Jonan saat menjadi pembicara dalam Indonesia Transportation Forum (ITF) di Philip Kotler Theater Markplus, Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Ia menuturkan, dengan total anggaran Kemenhub tahun ini mencapai Rp 65 triliun, maka berbagai program pembangunan infrastruktur perhubungan pun akan berusaha dioptimalkan. Sasarannya, kata Jonan, yaitu pembangunan infrastruktur transportasi di daerah terluar, perbatasan, pinggiran, terdalam, dan daerah rawan bencana.

Dari sisi regulasi menyatakan bahwa Kemenhub akan fokus pada upaya mewujudkan keselamatan tranportasi dan pelayanan yang makin membaik.

Sementara itu, Founder dan CEO MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan bahwa ajang ITF merupakan ajang berdialog antara pemerintah sebagai regulator dan pelaku usaha di bidang transportasi. Diharapkan, dengan acara itu maka tak akan terjadi kesalahpahaman di antara stakeholder di bidang perhubungan tersebut.

Selain Jonan, hadir sebagai panelis Ketua INACA Arif Wibowo, Ketua INSA Carmelia Hartoto, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia Gemilang Tarigan.

(Kompas)