Ini Dia Tiga Gunung di Kabupaten Bogor yang Bisa Didaki Sehari, Pemandangannya Menakjubkan

by -27 views
puncak lalana ciampea

Mendaki gunung, sering kali membutuhkan waktu berhari hari. Jauhnya jarak tempuh untuk pendaki mencapai puncak, membuat beberapa gunung di Indonesia harus didaki dalam waktu berhari-hari.

Namun tidak dengan beberapa gunung ini, karena gunung ini bisa didaki hingga mencapai puncak hanya dengan waktu beberapa Jam saja. Gunung-gunung yang terletak di Kabupaten Bogor ini, cocok didaki untuk orang-orang yang hanya memiliki libur satu hari saja.

Berikut 3 gunung di Bogor yang bisa didaki dalam waktu sehari saja:

1. Puncak Lalana

Puncak Lalana terletak di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Gunung ini memiliki ketinggian di Bawah 1000 Mdpl. Puncak Lalana termasuk kedalam pegunungan kapur Ciampea.

puncak lalana ciampea bogor

Jalur pendakiannya memiliki kontur tanah merah serta vegetasi pepohonan yang masih rimbun. Selain itu dijalur pendakian terdapat akar akar pohon yang merambat di tanah. Pemandangan Puncak Lalana berupa bebatuan karang serta barisan perbukitan.

Untuk mendaki Puncak Lalana, pendaki hanya memerlukan waktu kurang dari dua jam. Letak arah lokasi Puncak Lalana dari kantor Kecamatan Ciampea, anda mengambil jalan ke kiri, selanjutnya anda akan menemui jalan raya Cikampak.

Setelah melewati jalan raya cikampak anda akan masuk menuju jalan raya Cibadak. Selanjutnya anda perhatikan sebelah kanan di seberang jalan setelah anda melewati Jalan Raya Cibadak Km 14.

Pada seberang jalan tersebut anda akan melihat tulisan kecil bertuliskan Puncak Lalana. Dari situ anda hanya tinggal mengikuti jalan untuk menuju pendaftaran pos pendakian Puncak Lalana.

2. Gunung Munara

Gunung Munara berlokasi di Kampung Sawah Rumpin, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Untuk mendaki Gunung munara hanya diperlukan waktu 1 jam untuk mencapai puncak.

Jalur pendakian Gunung Munara tidak terlalu menanjak seperti pada jalur Puncak Lalana. Sepanjang jalur pendakian berdiri beberapa pedagang minunan dan mie instan.

Bagi pendaki yang tidak ingin berat membawa perbekalan, anda bisa beristirahat sambil mengisi perut di warung warung tersebut. Di Gunung Munara terdapat beberapa Gua yang konon menurut warga setempat itu merupakan petilasan orang orang hebat di Indonesia, diantaranya adalah petilasan Soekarno.

Di Puncak Gunung Munara anda bisa berfoto dari atas tebing yang biasa dipanjat menggunakan tali yang sudah diikat di tebing tersebut oleh pengelola. Gumpalan awan serta hijaunya pepohonan bisa dinikmati pendaki saat sudah mencapai puncak.

Untuk menuju lokasi wisata Gunung Munara dari arah Kota Bogor, Anda bisa melintasi Jalan Raya Semplak Selanjutnya saat di pertigaan Semplak arahkan kendaraan Anda menuju Bantar Kambing.

Dari jalur tersebut pengunjung hanya tinggal mengikuti jalan beton hingga sampai di Rumpin. Sesampainya di rumpin pengunjung lihatlah sebelah kiri, di sana terdapat Gapura dan plang bertuliskan Situs Gunung Munara.

Untuk masuk ketempat wisata tersebut pengunjung harus membayar parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan mobil Rp 10.000, dan untuk tiket masuk sebesar Rp. 5000.

3. Gunungbatu Bogor

Gunungbatu Bogor, lokasinya berada di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi tersebut dari arah keluar Tol Sentul Barat, Anda belok kiri ke arah Jalan Pahlawan, Citeureup, Kabupaten Bogor.

Selanjutnya pada setiap pertigaan Anda hanya tinggal mengikuti arah penunjuk jalan yang bertuliskan ‘Jonggol/Sukamakmur’. Harga tiket masuk Gunung Batu sebesar Rp. 5000 dan biaya parkir Motor sebesar Rp. 10000.

Jalur pendakian Gunungbatu cukup menanjak, dan jalur pendakian pun licin. Di jalur pendakian tersebut pendaki tidak akan menemui pepohonan rindang seperti yang ada pada jalur pendakian Gunung munara dan Puncak Lalana.

Namun view dari atas puncak Gunungbatu tidak kalah menariknya dengan gunung-gunung lain. Dari atas puncak pendaki bisa menikmati pemandangan barisan perbukitan serta tebing tebing curam.

Bagaimana, anda tertarik untuk mendaki gunung-gunung tersebut?

Jika anda tertarik mendaki gunung gunung tersebut, anda hanya tinggal berkunjung ke Kabupaten Bogor. Meski Gunung-gunung tersebut berada di ketinggian 1000 Mdpl, pendaki tetap harus mempersiapkan Mental, serta Fisik yang prima dan perbekalan yang memadai.

(tribunnews.com)