SMPN 1 Tenjolaya Siap Menangkan Lomba Adiwiyata

by -35 views

Lolos di tingkat kabupaten, SMP Negeri 1 Tenjolaya Kabupaten Bogor, Desa Cibitung Tengah, Kecamatan Tenjolaya. Mewakili Kabupaten Bogor di tingkat Jawa Barat dalam lomba penilaian Adiwiyata.

Kepala SMP 1 Tenjolaya, H Jaja Jumhana, mengatakan, sekolah telah memiliki kelengkapan kriteria perlombaan Sekolah Adiwiyata.

Sekolah ini memiliki penataan lingkungan dalam hal sampah. “Selama ini kami telah berupaya melakukan kerja sama dengan warga sekolah. Termasuk siswa dalam hal pemahaman pola hidup sehat di lingkungan sekolah. Harapan kami agar SMPN 1 Tenjolaya semua warganya memiliki budaya hidup bersih, sehat dan berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Jaja menambahkan, setiap mata pelajaran memasukkan materi, edukasi lingkungan kepada para siswa. Selain itu dalam edukasi para siswa juga diajarkan membuat bank sampah. Nantinya sampah tersebut diolah kembali hingga menghasilkan produk yang memiliki nilai jual.

Demikian juga para siswa diajarkan cara membuat tanaman hidroponik. Pada 2018, SMPN 1 Tenjolaya berhasil meraih juara satu Adiwiyata tingkat Kabupaten Bogor.

Selain itu, kantin sekolah yang ramah lingkungan. Dengan tidak menjual makanan yang mengandung perasa, pewarna dan pengawet serta tidak menggunakan plastik dan styrofoam untuk bungkus makanan. “Bahkan anak diwajibkan membawa alat makan dan minum sendiri,” tambahnya.

Anggota Tim Verifikasi Lomba sekolah Adiwiyata tingkat Jawa Barat 2019, Indra Daryadi meninjau langsung lokasi.

“Dalam lomba ini pihaknya tidak melihat hasil. Tapi lebih pada upaya yang telah dilakukan sekolah terkait lingkungan.” Kata tambahnya.

(metropolitan.id)