Jawa Barat Sulit Dapatkan Sosok Pemimpin Seperti Jokowi

by -2 views

JAKARTA,- Jawa Barat akan sulit mendapatkan sosok dan figur seperti Joko Widodo (Jokowi) dalam pemilihan Gubernur Jabar 2013 nanti.

Figur yang diusung PDIP dan Gerindra pada Pilgub DKI Jakarta ini, memang tidak ditemukan dari sosok Bupati dan Wali Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat.

“Harus ketemu dulu siapa orangnya. Misalnya Walikota dan Bupati terbaik di Jawa Barat. Kalau ada tentunya sangat berpeluang memenangkan Pilgub Jabar,” ucap Pengamat politik dari Charta Politika sekaligus Pakar Politik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago kepada “PRLM”, di Jakarta, Minggu (15/7).

Menurut Andrinof, di Jawa Barat malah banyak Bupati atau Walikota yang dijebloskan penjara karena kasus korupsi. Dengan demikian, hingga kini muncul hanya sosok kepala daerah yang korup dibandingkan figur yang mampu memimpin pemerintahannya dengan jujur dan bersih.

“Tidak ketemu Jokowi di Jawa Barat. Yang ada di Jawa Barat banyak Bupati dan Walikota masuk penjara seperti mantan Walikota Bekasi dan sebagainya,” katanya.

Ia mengatakan, tidak mudah untuk Jabar memiliki tokoh pemimpin seperti Jokowi. Bahkan, tokoh pemimpin yang jujur dan adil baru bisa diwujudkan Jabar pada Pilgub 2018.

“Tokoh seperti itu tidak bisa muncul seketika karena memang kesuksesan dalam mengelola pemerintah pasti akan diketahui banyak orang. Nanti paling tokoh itu tinggal dipromosikan,” ujarnya.

Menurut dia, sekarang saatnya momen yang tepat agar para Walikota dan Bupati di wilayah Provinsi Jawa Barat untuk berlomba menjadi pemimpin terbaik. Dengan demikian, pada Pilgub 2018 akan muncul sosok Cagub yang bersih dan jujur.

Ia menambahkan, dalam Pilgub 2013 ini sosok yang berpengalaman dalam politiklah yang dapat dipilih kembali jadi gubernur. Ia mengatakan, sosok itu ada pada Ahmad Heryawan atau Dede Yusuf.

“Aher dan Decup masih berpeluang karena pengalaman sebelumnya dipemerintahan. Begitu juga Rieke Diah Pitaloka yang bisa jadi alternatif. Meskipun, ia belum teruji dalam pemerintahan tapi karena sosoknya yang jujur bisa menjadikannya peluang untuk Pilgub Jabar nanti,” ujarnya. (A-194/A-89)**

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/196097