OLIMPIADE LONDON 2012: Inilah hasil undian cabang bulutangkis tunggal dan ganda

by -8 views

JAKARTA: Pada olimpiade kali ini, kontingen bulutangkis Indonesia benar-benar tidak diunggulkan, baik di nomor beregu maupun perseorangan.

Tim bulutangkis Indonesia harus menghadapilawan berat sejakawal. Pada nomor tunggal putra, dua unggulan teratas asal Indonesia, Simon Santoso dan peraih emas Olimpiade 2004 Athena, Taufik Hidayat, akan menghadapi partai berat jika mulus melangkah ke babak selanjutnya.

Di babak penyisihan, Simon bergabung di Grup B bersama Michael Lahnsteiner (Austria) dan Raul Must (Estonia). Sedangkan Taufik masuk ke Grup O bersama Pablo Abian (Spanyol) dan Petr Koukal (Republik Ceko).

Meski menghadapi lawan yang relatif lebih enteng pada babak penyisihan, kedua tunggal putra itu akan menghadapi lawan berat jika lolos ke babak 16 besar.
Simon kemungkinan besar akan bertemu dengan peringkat 2 dunia, Lee Chong Wei. Sedangkan Taufik kemungkinan besar bertemu dengan andalan China, Lin Dan, di babak berikutnya.

Sedangkan satu-satunya andalan Indonesia di nomor tunggal putri, Adriyanti Firdasari, kemungkinan besar akan menghadapi peringkat 2 dunia saat ini, Wang Xin, asal Cina di babak 16 besar.

Tapi, sebelumnya Firda harus berhasil menaklukkan Grup O pada babak penyisihan lebih dulu, dimana peringkat 32 dunia itu akan menghadapi dua pebulutangkis Eropa, Petya Nedelcheva asal Bulgaria dan Alesia Zaitsava dari Belarusia.

Perjuangan berat juga harus dilalui atlet ganda bulutangkis Indonesia. Tiga wakil Indonesia di tiga nomor ganda yang berbeda harus bermain ekstra keras jika ingin meneruskan tradisi emas.

Satu-satunya andalan Indonesia di ganda putra, Muhammad Ahsan/Bona Septano, masuk ke Grup B di babak penyisihan. Peraih emas SEA Games 2011 itu bergabung dengan unggulan 4 asal Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Yoo Yeon-seong, lalu pasangan Thailand, Bodin Isara/Maneepong Jongjit dan Adam Cwalina/Michal Logosz asal Polandia.

Sedangkan pada nomor ganda putri, pasangan Greysia Polii/Meiliana Jauhari, masuk ke Grup C dan akan menantang Ha Jung-eun/Kim Min-jung (Korsel), Leanne Choo/Renuga Veeran (Australia) dan Michelle Edwards/Annari Viljoen (Afrika Selatan).Hasil Undian Bulutangkis Indonesia DI Olimpiade London 2012

Lalu pada nomor ganda campuran, pasangan nomor 4 dunia asal Indonesia, Tantowi Ahmad/Lilyana Natsir, masuk ke Grup C di babak penyisihan.

Pasangan yang diandalkan merebut emas itu bergabung dengan pasangan Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dari Korsel, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun, dan andalan India, Viju Diju/Jwala Gutta.

Jika Tantowi/Lilyana berhasil melaju mulus, kemungkinan besar lawan berat baru mereka hadapi di babak semifinal. Jika terus melaju, mereka kemungkinan akan melawan pasangan China, Xu Chen/Ma Jin, di babak empat besar.(api)

Sumber : www.detik.com