Warga Plumbon Buka Warung Dadakan Layani Pemudik

by -3 views

ilustrasi

Meningkatnya jumlah pemudik yang melintas Jalan Raya Palimanan-Plumbon Kab. Cirebon dimanfaatkan warga setempat dengan membuka warung-warung dadakan yang menyediakan makanan dan minuman. Warga setempat sudah hapal betul setiap tahunnya para pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, bakal istirahat di sepanjang jalan itu untuk melepaskan lelah.

“Saya sudah tahu, mereka bakal istirahat di sini. Mereka datang secara rombongan menggunakan motor. Satu motor biasanya bertiga (suami, istri, dan anak). Sambil istirahat mereka juga membeli minuman dan makanan ringan. Saya juga menyediakan kursi dan tikar agar mereka bisa leluasa beristirahat,” kata Ny. Caswiyah (49) yang membuka lapak makanan dan minuman ringan di kawasan Plumbon, Kab. Cirebon, Senin (13/8).

Warung-warung dadakan itu makin banyak dibangun sejak H-7 Idulfitri. Para warga meneruskan berjualan hingga musim balik. Para warga dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan kembali ke Jakarta, pada musim balik nanti tetap berhenti dan beristirahat di kawasan itu.

“Lumayan juga untungnya membuka warung untuk melayani para pemudik. Bila lagi ramai, keuntungan yang diperpleh bisa mencapai Rp 100.00,00 hari. Yang paling laku memang air mineral. Selain membeli untuk minum di tempat, mereka juga beli untuk bekal di perjalanan,” ujar Kadmini (52).(A-147)***

Sumber : www.pikiran-rakyat.com